Sabtu, 22 Mei 2010

Interface RF Gateway Link dengan Radio Alinco DR135

Ditulis Oleh : Jefri di Duniakomunikasi Updated at: 5:21 PM
Toko Online vicheshop Baju sepatu grosir bandung murah
Interface RF Gateway Link dengan menggunakan Alinco DR135 - Kian Hari pengguna link RF Gateway semakin marak, dan semakin rame, hampir semua peralatan radio di gunakan untuk dapat mengkoneksikan radio dengan computer, baik melalui port com computer atau dengan menggunakan converter usb to serial, baca juga cara seting usb to serial converter mulai dari radio HT hingga radio RIG dengan berbagai merek dan type.
Link gateway
Gambar Alinco DR135
Artikel kali ini sedikit berbagi saja buat teman-teman yang hendak membangun LINK Gateway di wilayah atau di daerahnya masing – masing dengan menggunakan radio alinco dr135. Setiap radio pasti mempuyai kelebihan dan kekurangan pada kesempatan kali ini link rf gateway dengan memanfaatkan radio alnico dr135 dengan memanfaatkan DB9 yang terdapat di bagian belakang radio seperti gambar dibawah ini;
membuat link gateway
Gambar Bagian Belakang DR 135  Dari bagian belakang radio alnico DR135 terdapat konektor DB9, port ini lah yang kita hubungkan ke computer link, sedangkan konektor yang berada di depan tidak dipergunakan dibiarkan saja kosong atau extramicnya dilepas saja, untuk lebih jelasnya konfigurasi pin dari DB 9 yang terdapat di belakang radio bias lihat gambar dan keterangan dibawah ini:
_alinco_dr135_port
Gambar Fungsi Pin DB9 DR135
Dari keterangan dan fungsi pin DB9 yang terdapat di belakang radio alinco dr135 kita dapat menghubungkan keserial port yang terdapat di computer link, dengan menambahkan sedikit rangkaian elektronika antara lain transistor dengan type NPN, kapasitor, diode dan resistor.
rangkaian interface gateway simple
 Gambar Rangkain Interface LINK dengan Menggunakan Radio Alinco DR135
Dari gambar rangkaian diatas terlihat rangkaian yang sangat sederhana hanya dengan menggunakan transistor sebagai penggerak PTT untuk memberikan logika low pada input PTT radio link.
fungsi_pin_db9
Sedangkan untuk audio atau suara, cukup menambahkan kapasitor 10µf untuk filter audionya, pengaturan besar kecilnya suara yang diterima dari link cukup mengatur besaran input vol mic yang ada dikomputer, sedangkan untuk mengatur besar suara yang di pancarkan ke link cukup dengan mengatur master volume pada computer.

master vol komputer
Gambar Volume Master
Dari gambar master volume diatas, yang perlu diatur adalah besar master volume dan wave vol, usahakan pengaturan volume ini seimbang untuk menghasilkan suara yang sempurna, sedangkan pengaturan yang lainnya di mute saja, untuk mengurangi noise input dari masukan-masukan yang lainnya yang mungkin tidak diinginkan. Sedangkan untuk input mic dari radio link ke computer pilih option properties recording. Seperti pada gambar dibawah ini;

volume microphone computer
Gambar Menu Pilihan Recording
Setelah menu diatas di centang kemudian pilih mode mic yang digunakan, untuk kepekaan input mic biasanya setiap computer berbeda-beda, tergantung dari type sound yang digunakan pada computer, jika input mic masih terasa kurang begitu peka atau kurang kuat bisa dengan mencentang mic bost (aktifkan Mic bostnya) untuk mengaktifkan mic bost bisa dengan cara mengklik tab option kemudian pilih advanced, seperti pada gambar dibawah ini:

mic boster
Gambar Aktifkan Mic Advanced Controls
Setelah menu di tab option Advanced Controls diaktifkan maka di bagian bawah vol mic maka akan muncul tombol advanced, yang didalamnya terdapat mic bost, seperti gambar dibawah ini:

seting getway link
Gambar Microphone Bosster
Pada dasarnya cara membuat link gateway pembuatan interface link Gateway tidaklah diperlukan rangkaian-rangkaian filter audio dengan menggunakan transformator IT maupun OT, yang membuat rangkaian interface menjadi lebih banyak dan lebih ribet, semuanya tergantung dari pengaturan audio yang masuk dan yang keluar pada bagin input gunakanlah kabel yang dapat meredam noise, seperti kabel head atau menggunakan kabel microphone yang baik.

Sedangkan untuk menghilangkan dengungan yang keluar dari radio maupun yang dipancarkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain adalah :
  • stabilitas tegangan atau catu daya, 
  • grounding antena, 
  • dan kabel-kabel yang digunakan, 
  • sedangkan untuk rangkaian tambahan lainnya sebenarnya hanya untuk modifikasi saja, 
Seberapa perlu rangkaian tambahan seperti tone control pada link.
Membuat link gateway RAPI/ ORARI dengan rangkaian interface dengan komponen yang banyak dan ribet terkesan jauh lebih sempurna karena banyaknya komponen yang digunakan sebenarnya tidak perlu.

Berbeda halnya jika yang menggunakan link hanya satu orang saja atau yang menggunakan link dekat dengan pancaran link yang memungkinkan kuliatas audio bisa diperbaiki, nah bagaimana seandainya yang menggunakan link jarak jauh dan disertai dengan suara gemerusuh, dan kepekaan mic yang digunakan juga tidak sensitive atau menggunakan efek echo, tentu hasilnya juga sama atau dengan kata lain tidak akan sepenuhnya merubah kualitas audio link tersebut. Jadi inti dari rangkaian interface untuk link adalah PTT keyernya saja.

jika anda pengen buat atau bikin sendiri efek echo untuk mic radio anda, bisa baca artkel rangkaian echo efek mic sederhana.

Semoga artikel Interface RF Gateway Link dengan Radio Alinco DR135 kali ini dapat menambah refrensi buat teman-teman semua yang hendak membangun link gateway di daerah maupun diwilayah masing-masing sekalipuan tidak memiliki keahlian dibidang elektronika namun dengan kesederhanaan rangkaian PTT Keyer diatas teman-teman dapat dengan mudah memperoleh komponen untuk rangkaian dan merakitnya. Intinya membuat link tidak perlu menggunakan rangkaian-rangkaian yang ribet-ribet alias banyak yang toh hasilnya tidak begitu jauh berbeda, dengan komponen yang sederhana. Selamat mencoba, semoga sukses jika ada kendala atau pertanyaan seputar interface untuk link bisa menghubungi saya melalui :

e-mail : jz05ajd@yahoo.com

Nb: untuk transistor diatas tidak harus menggunakan C9013, apa saja bisa yang penting typenya adalah NPN, dan untuk diode jika tidak ada IN4148 juga bisa menggunakan diode yang biasa, missal IN4001 dll.

12 komentar:

  1. Cukup satu kata "MANTAP..." lanjutkan Om Jefri..

    salam,

    JZ01KRH

    BalasHapus
  2. om bisa diterapkan pada repeater vhf konvensional saya sehingga dari luar negeri teman2 pelayaran bisa ngebrik via repeater amatir kami di Bali mohon kirimkan cara bikin link atau interface cor nya ke PC/laptop saya

    BalasHapus
  3. buat om rahmat (jz01krh), hee cuma shared ulang aja om artikel yang sama udah banyak kok om, buat om agung bali, bisa om, dari gambar rangkaian diatas udah bisa kok di pergunakan untuk repeater, jika om menggunakan radio yang sama (alinco dr135) jalur/pin basis transistor di hubungkan ke pin 1(cos), dan jalur suara tinggal dihubungkan langsung saja dengan menambahkan resistor dan kapasitor, hanya saja jika untuk RPU Grounding antara TX dan RXnya perlu diperhatikan.

    BalasHapus
  4. ok om jefri terima kasi info nya dan klo ada cara buat pake HT di posting bang skalian buat bagi bagi ilmu gateway

    BalasHapus
  5. saya dah lama pake dr 135 tapi sampe sekarang gak tau cara gunainnya om,.. cuma bisa pilih freq yg sudah di set oleh penjula... kalu untuk pilih/menetapkan freq baru saja belom tau.. apa lagi membangun (gateway,...??? apa sih itu om...???)

    BalasHapus
  6. coba menanggapi komentar dari mass junn, untuk gateway mungkin bisa disearch mass, kalau mass tergabung di rapi di kenal dengan istilah e1025, sedangkan di orari dikenal dengan eQso, berkomunikasi di melalui jaringan internet

    BalasHapus
  7. kasihan mas Junn ; itu namanya "Gaptek" perlu disekolahin tentang perangkat alkom mas Jefri.Baru ada satu mass Junn yang mau berterus terang coba seluruh Nusantara ad berapa banyak?Tapi mudah2-an hanya satu saja.Silakan mas Junn masuk rapi, biar ada yang ngasih tahu caranya,gampang ko` kalau sdh tahu Nano/JZ11GJE RAPI Wil.29Kab.Pati Jawa Tengah

    BalasHapus
  8. Om kalau bs share COR untuk repeater gateway?udah lama pingin bs mencoba merakitnya,tp blm tau caranya......

    BalasHapus
  9. buat bang agung bali, untuk gateway dengan menngunakan HT sudah ada bang di blog ini abang bisa klik aja lebel RF Gateway, Postnya pake HT IC2N bang silahkan dilihat ya bang, kalau ada komentar atau pertanyaan mungkin bisa di post aja komentnya thx

    BalasHapus
  10. kalau dijadikan repeater gak sulit ya om,tanya om mana bagusan HT tuk dijadikan receivenya atau rig alinco, trus rangkaianya gimana ya. kalau HT merek apa yang bagus buat repeater portable kebetulan kita sering adakan pramuka. bisa gak kira-kira ya mksih

    BalasHapus
  11. mohon pencerahan gan, cara setting TX RX pada alinco dr135

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Seputar Postingan Diatas.

Caranya, Pilih sesuai dengan account yang anda miliki, untuk yang tidak ada silahkan gunakan Name/URL:

Name : isi dengan Nama/Alias/10-28/Callsign.
URL   : isi dengan Url Website/Blog/Gplus/Facebook/Twitter/dll

Mohon untuk tidak meninggalkan link aktiv/spam!, Terimakasih untuk komentar dan diskusinya.Untuk promo/iklan tidak akan diterbitkan gunakan dan lihat halaman pasang iklan.terimakasih