Kamis, 27 Oktober 2011

Cara Membuat RF Gateway dan Prinsip koneksinya

Buat RF Gateway untuk berkomunikasi melalui internet, teknologi komunikasi voip semakin hari kian berkembang, banyak cara untuk bisa mempererat tali persaudaraan dimana saja berada.

Cara membuat RF gateway sederhana dan mengetehui sekilas topologi jaringan komunikasi melalui internet e1025 atau dikenal juga dengan interkoneksi, dengan adanya teknolgi voip seperti ini memungkinkan para pecinta dan pengguna radio tetap dapat berkomunikasi darimana saja berkomunikasi melalui jaringan internet bisa digunakan dengan menggunakan komputer atau laptop yang dikenal dengan PC CLient. dan bisa juga mendengarkan atau memonitor melalui handphone, blackbarry.


topologi+e1025

Cara kerja RF gateway atau interkoneksi berdasarkan topologi gambar diatas, perhatikan gambar topologi ditas mewakili pengguna yang kian hari-kian meningkat dan bertambah banyak.Untuk membangun suatu jaringan yang dapat diakses dari berbagai tempat dibutuhkanlah satu buah server dimana server ini lah yang akan menjadi tempat atau pusat pertemuan, dimana pada server itu sendiri sudah dilengkapi dengan aplikasi atau program khusus berbeda halnya pada komputer client.

Dari topologi jaringan e1025 diatas clientnya adalah anggota rapi maupun simpatisan, kesemuanya mengarah ke satu server misalnya jz02boy hendak berkomunikasi dengan jz05atp, yang posisinya berjauhan satu dari medan dan satu lagi ada dijambi suara yang berasal dari medan terlebih dahulu sampai keserver kemudian dari server dikirim ulang dan diterima oleh link jz05ajd yang kemudian diteruskan melalui radio sehingga jz05atp dapat mendegarkan suara jz02boy melalaui perangkat radionya jz05atp tersebut, dan begitulah sebaliknya.

Jadi pada prinsipnya kerja server hampir sama dengan repeater atau pancar ulang yang biasa digunakan hanya saja yang diterima oleh server bukanlah frekuensi melainkan paket data yang dikirim melalui alamat atau ip adress dari port tertentu.

Berikut cara membuat RF Gateway, agar dapat berkomunikasi dengan teman-teman yang berada di luar daerah atau wilayah.

1.Koneksi Internet
2. Komputer, Laptop atau komputer
3. Microphone
4. Software Aplikasi e1025 RF Gateway,
5. Radio untuk dijadikan link

Download terlebih dahulu software aplikasinya disini, kemudian install di komputer atau laptop, jika menggunakan sistem operasi linux gunakan wine agar aplikasi tersebut dapat berjalan, karena hingga saat artikel ini saya posting belum ada aplikasi e1025/eQSo untuk client yang dapat dijalankan langsung pada sistem operasi open source terkecuali untuk server. sekilas tips barhati hati saat download aplikasi atau software dari internet ada beberapa virus autorun, sebaiknya matikan atau diseble autorun windows untuk mencegah masuknya virus sebelum instalasi berlangsung.


pc+client+gateway
Klik unduh file sekarang dan tunggu hingga proses download selesai,
cara+membuat+link

Buka file hasil download tadi klik dua kali atau dengan klik kanan kemudian pilih open, dan install dikomputer
bikin+link+gateway+sendiri
Klik next, untuk melanjutkan proses instalasi.
buat+gateway+sederhana

Isi Kolom name, dan company, setelah disi kemudian klik next,
install+gateway

Klik next dan biarkan saja posisi installasi berada pada posisi default
aplikasi+1025

Pada kolom 10-28 - Calsign, isi dengan 10-28 saudara, sambungkan microphone ke komputer.pada kolom pesan silahkan lengkapi informasi saudara, dengan nama, alamat, email dan no telp
aplikasi+eqso+iqso

Klik hubungkan agar tersambung dengan server,

Alamat server e1025 RF Gateway.
1. Server Utama IP : 202.51.29.62
2. Server Backup

Agar lebih mudah diingat untuk IP Server digunakanlah DNS (Domain Name Server) dengan 1025rapi.no-ip.org atau e1025rapi.no-ip.org atau e1025.rapi-indonesia.org untuk menggantikan alamat ip server tersebut.


Untuk dapat berkomunikasi dengan baik dibutuhkan koneksi yang stabil, agar saat kita berbicara atau mendengarkan rekan yang sedang berkomunikasi pada room tidak putus-putus, karena jarak dan kecepatan koneksi sangat berpengaruh.

cek koneksi kita keserver bisa dengan cara :

Ping, Buka CMD-Comman Prompt klik start kemudian klik run dan ketikan cmd kemdian enter, atau bisa dengan cara kedua, Start >> All Program >> Accesories >> Command Prompt jika benar tampilannya seperti berikut ini

ping

Pada comand prompt ketikkan alamat server yang hendak di tes, dengan menambahkan perintah ping sebelum alamat server

ping[spasi]1025rapi.no-ip.org[enter]dan lihat hasilnya

ping+server+rapi

Dari hasil ping diatas terlihat ada request time out, artinya koneksi saya ke server tidak baik atau tidak lancar, dan jika kita gunakan untuk berkomunikasi pada saat ini kita akan terputus dari server.

ping+server

jika tidak ada request time out atau tampilan hampir sama seperti diatas, berarti koneksi kita baik, hasil ping tidak pernah sama dengan yang lain tergantung dari koneksi yang digunakan.

Kenapa pada saat komunikasi melalui RF Gateway jeda atau temponya lama :
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebenarnya banyak faktor yang menyebabkanya antara lain, Koneksi yang lemot, untuk koneksi yang tidak stabil atau lambat memang terkadang sangat menjengkelkan, pada saat sedang asik-asiknya berbicara tiba-tiba koneksi terputus dan terkadang kita tidak kebagian waktu untuk dapat berkomunikasi, hal ini biasa terjadi bahkan terkadang dikira lawan bicara atau teman-teman yang lain seoalah-olah tidak memberikan kesempatan kepada kita tuk berbicara padahal tidak. tetapi disebabkan karena koneksi kita yang tidak baik,

berikut rute perjalanan dari komputer saya keserver 1025rapi.no-ip.org

jaringan+RAPI

Lihat rute perjalanan koneksi saya menggunakan modem xl, posisi saya sedang berada di palembang ke server rapi 1025 yang ada di jakarta, begitu banyak router yang harus dilewati baru sampe keserver.

Jadi sekalipun kita berada di satu daerah belum tentu kecepatannya sama
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Komunikasi

G+

  • Share postingan terbaru di blog sahabat di-Sini
  • Artikel Terkait

    0 comments:

    Poskan Komentar

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Seputar Postingan Diatas.

    Mohon untuk tidak meninggalkan link aktiv/spam!, Terimakasih untuk komentar dan diskusinya.Untuk promo/iklan tidak akan diterbitkan gunakan dan lihat halaman pasang iklan.terimakasih