Sabtu, 18 Februari 2012

Tips Memilih Modem dan Kartu untuk Internetan

Tips Memilih modem dan Cara Memilih Kartu Internet apa yang digunakan untuk berinternetan dengan lancar tanpa ada kendala ? pertanyaan ini sering sekali muncul dan sering kita dengar kenapa itu terjadi karena ketidak tahuan kita sebagai pengguna, disamping jaringan yang hendak digunakan itu tidaklah terlihat dengan kasat mata karena semuanya menggunakan frekuensi yang sudah tentu membutuhkan alat yang dapat menerima frekuensi tersebut dan mengubahnya menjadi paket data yang sudah dimodulator, itulah modem (modulator de modulator). 

tips memilih modem internet gsm / cdma
Seandainya frekuensi itu bisa dilihat dengan mata telanjang seperti lintasan benang tipis dan benang tebal yang berwana-warni tentu kita akan dengan mudah untuk mencari bahkan mungkin kita pengguna tidak akan kesulitan untuk memilihnya, tentu yang akan kita pilih benang yang tebal dengan warna jaringan yang sama.

Diatas sekilas analogi atau gambaran menurut saya yang kita umpamakan benang tipis itu koneksinya kecil, benang tebal koneksinya besar sedangkan warna untuk jaringan internet yang akan di gunakan. 

Modem
Modem adalah Modulator - Demodulator merupakan suatu alat perangkat keras (hardware) yang mempunyai bentuk fisik, kecepatan sebuah modem diukur dengan satuan bps (bit per second) atau kbps (kilobit per second).

pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog

Demodulator mempunyai fungsi kebalikan dari modulator (demodulasi), yaitu proses mendapatkan kembali data atau proses membaca data dari sinyal yang diterima dari pengirim. Dalam demodulasi, sinyal pesan dipisahkan dari sinyal pembawa frekuensi tinggi. Data yang berupa sinyal Analog diberubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa terbaca di komputer penerima.

Dan Modem merupakan penggabungan dari kedua sistem tersebut diatas, sehingga modem merupakan alat komunikasi dua arah.

Tips Memilih Modem dan Jaringan
Karena modem adalah alat yang digunakan untuk mengubah sinyal sehingga komputer dapat berkomunikasi dengan alat tersebut tentu modem menggunakan media penghubung, dan media penghubungnya ada yang menggunakan media kabel dan nirkabel.

Modem dengan media kabel,
Merupakan modem untuk aksesnya menggunakan jaringan kabel, misalnya seperti jaringan kabel telepon. Modem kabel yang pada awalnya hanya ada yang eksternal (dihubungkan ke PC via kabel serial melalui port COMx yang menggunakan kabel DB-9 atau DB-25), beberapa tahun kemudian setelah modem menjadi kebutuhan pokok, mucullah modem internal (yang tertanam langsung di motherboard).

modem internal speedy
 Gambar Modem Internal

Modem Internal ini biasanya dipasang didalam CPU komputer yang dihubungkan pada slot PCI yang terdapat didalam CPU komputer.

modem adsl
Gambar Modem External

Pada periode 1990-an ditawarkan juga koneksi kabel digital dari sentral telepon ke rumah pelanggan menggunakn fiber-optik yang merupakan realisasi dari jaringan telepon ISDN (leased-line dengan kecepatan 144 kbps).

Kemudian setelah tahun 2000, muncul teknologi baru pengganti fiber-optik yang dikenal dengan nama modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line: kabel pelanggan digital asimetrik). Koneksinya menggunakan modem digital di dua sisi yaitu sisi pelanggan dan sisi sentral telepon. Selain menggunakan jaringan telepon, modem kabel juga bisa menggunakan jaringan TV kabel.

Modem Wireless
Teknologi wireless untuk akses data merupakan bagian dari jaringan komputer yang biasanya tidak disebut modem, tetapi menggunakan istilah lain yang telah disepakati, seperti modem GSM, modem CDMA, modem HSDPA, dan modem HSUPA.

modem internetan cepat
Sebelum memilih menggunakan modem ada baiknya terlebih dahulu mengetahui jaringan apa yang ada di tempat kita, GSM atau CDMA so jangan mudah terpengaruh dengan iklan-iklan saja tetapi kekekuatan sinyal yang kita peroleh itu sangat mempengaruhi kecepatan akses internetnya, silahkan baca perbedaan kecepatan koneksi GPRS EDGE dan HSDPA untuk mengetahui perbedaan koneksi.

Tips Cara Memilih Kartu Perdana untuk Internet dengan Modem GSM/ CDMA

Coba cari teman disekitar anda yang sudah mempunyai modem dan ajak ketempat anda dimana nantinya anda akan berinternetan atau tempat yang biasa anda gunakan, gunakan scan manual dari modem untuk mengetahui jaringan apa saja yang ada di daerah tersebut, karena tidak jaminan jika kita hanya berpatokan dari sinyal handphone saja untuk mengetahuinya bisa saja sinyal yang didapat dari handphone penuh tapi pas menggunakan modem malahan modem tersebut tidak mendapatkan sinyal apa-apa, karena frekuensinya berbeda antara frekuensi telephone yang biasa kita gunakana dengan frekuensi data, menurut analisa saya belum semua BTS dilengkapi dengan jaringan HSDPA,

cari jaringan provider

Gambar Scan manual dengan Modem

Dari gambar diatas merupakan hasil scan manual dengan menggunakan modem biasa mobinil, huawei terlihat jelas kalau ditempat ini semua provider dari AXIS, XL, INDOSAT, T-SEL dan 3 (tree) mendapat sinyal 3G semua, nah kalau begini tinggal kita tentukan maunya pake kartu apa karena semua jaringan sudah mendukung dengan jaringan 3G.

tips memilih kartu perdana internet

Setelah didapat sinyal apa yang paling kencang didaerah tersebut  barulah kita memilih kartu apa yang nantinya akan di pergunakan berdasarkan paket-paket yang ditawarkan baik itu harian, mingguan, bulanan dan lain sebagainya tergantung dari kebutuhan kita sebagai pengguna.


Seting Jaringan WCDMA Only

Setelah memilih provider apa yang digunakan ada baiknya melakukan perubahan pada konfigurasi modemnya dengan memilih menu Option - Network - Network Type hal ini bertujuan agar sinyal yang nantinya di tanggkap oleh modem hanya sinyal WCDMA saja alias gak berubah ubah menjadi EDGE atau GPRS.

koneksi HSDPA

Gambar Modem Konek dengan Sinyal HSDPA 

Jika sudah diketahui ditempat tersebut jaringan apa saja yang ada langkah selanjuntnya adalam memilih koneksi dengan menggunakan jasa provider apa, apakah itu GSM seperti Telkomsel,Indosat, Tree, Axis dan XL, atau CDMA seperti Startone, Flexi, Freen dll.

Cara memilih kartu perdana untuk modem sebaiknya cari modem yang mempunyai feature/kelebihan baik itu dari Upstream maupun Downstreamnya, cari yang tahan panas, yang sudah pasti produk tersebut sudah teruji dan sudah banyak yang menggunakannya seperti modem huawei, at&t dan masih banyak lagi type-type modem yang beredar dipasaran, kompatibel dengan berbagai sistem operasi maupun perangkat keras lainnya, tidak berpatokan dengan satu provider saja dengan kata lain modem tersebut bisa ganti-ganti kartu sesama GSM atau sesama CDMA, ada konektor untuk antena external hal ini bisa kita tambahkan jika saat berpergian di tempat tersebut sinyalnya lemah bisa dengan menambahkan antena untuk memperkuat sinyal tersebut, untuk pemilihan antena gsm jangan sampai salah silahkan lihat pada postingan sebelumnya dengan judul jangan salah pilih antena gsm atau bisa klik linknya disini.

Semoga Tips Memilih Modem Kartu Internet GSM atau CDMA ini bisa memberikan tambahan informasi buat sahabat-sahabat yang sudah berkunjung disitus ini.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Komunikasi

G+

  • Share postingan terbaru di blog sahabat di-Sini
  • Artikel Terkait

    10 comments:

    1. Nice Info gan itu benar, dan bisa diterapkan terkadang iklan bagus pas di pake sendiri lemotnya minta ampun, setelah mencoba dan menggunakannya yang punya akses cepat murah masih AXSIS.

      BalasHapus
    2. ups itu semua tergantung mas anonim, provider lainnya juga ok kok, kita aja yang harus jeli mas ya maklumlah maunya murah tapi kualitasnya bagus.

      BalasHapus
    3. Terimakasih tipsnya gan, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang ingin mencari modem baru :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. yup omkris terimakasih juga sudah menyempatkan waktunya untuk memberikan komentar testimoni, semoga bermanfaat aja om kris

        Hapus
    4. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

      BalasHapus
      Balasan
      1. terimakasih juga sob sudah menyempatkan diri untuk memberikan testimoninya, hanya sebatas share berbagi dari pengalaman

        Hapus
    5. arigatou...i like it

      BalasHapus
    6. mas saya mau tanya nih,, gimna cara nya kita tau bahwa modem yg kita punya itu kualitas nya bagus..??? soal nya saya pakai speedup telkomsel flash ,, tampilan nya beda sama gambar diatas kalau jaringan nya dicari secara manual,, gak keliatan sinyal nya apa provider nya udah 3G atau yag lain2 nya..
      mohon petunjuk nya ya mass.??
      thank's

      BalasHapus
      Balasan
      1. bisa kita katakan kualitas bagus, tahan panas atau tidak mudah panas, saat dipergunakan tidak terjadi penurunan speed karena kepanasan, carilah modem dengan Speed Upload Download yang besar, mendukung semua provider (gsm/cdma). tidak tampil jaringan lainnya ? kemungkinan modem tersebut khusus untuk jaringan telkomsel (flash) sedangkan provider lain di lock,

        Hapus

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Seputar Postingan Diatas.

    Caranya, Pilih sesuai dengan account yang anda miliki, untuk yang tidak ada silahkan gunakan Name/URL:

    Name : isi dengan Nama/Alias/10-28/Callsign.
    URL   : isi dengan Url Website/Blog/Gplus/Facebook/Twitter/dll

    Mohon untuk tidak meninggalkan link aktiv/spam!, Terimakasih untuk komentar dan diskusinya.Untuk promo/iklan tidak akan diterbitkan gunakan dan lihat halaman pasang iklan.terimakasih