Selasa, 13 Maret 2012

Satu CPU Komputer untuk DUA User Lebih

Satu CPU Komputer untuk Dua User bahkan lebih, setahun yang silam saya pernah posting artikel cloning pc dengan menggunakan betwin disalah satu blog saya, dan kali ini artikel yang sama coba direpost kembali, 

CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit, merupakan pusat pengelolaan data yang terdapat didalam komputer yang merupakan otak untuk memproses semua data input output, proses dikerjakan oleh perangkat lunak dan perangkat keras.

Satu CPU Komputer untuk Dua user bahkan lebih, bisa menghemat biaya untuk membeli komputer,  memang saat ini komputer bukanlah peralatan yang langka hampir semua orang mengenal dengan perangkat elektronik yang serba canggih tersebut, meskipun demikian sifat manusia pada umumnya selalu kurang dan tidak pernah puas, dan cara ini juga baik di gunakan bagi rekan-rekan fasilitator link gateway yang memungkinkan bisa buat link lebih dari satu tanpa harus terpengaruh dengan link yang lain karena perangkatnya dibedakan oleh sistem, dan hal ini saya terapkan disalah satu komputer rekan dimana dengan satu pc tersebut ada tiga link orari, rapi dan pc client.

Masih belum paham dengan Satu CPU Komputer untuk dua Monitor dan user, maksudnya begini, sebenarnya CPU komputer yang biasanya hanya bisa digunakan untuk satu monitor dan satu user itu bisa dibuat menjadi dua monitor dan dua user tanpa saling terganggu dan bisa menggunakannya secara bersamaan tidak harus bergantian untuk menggunakannya so bagaimana caranya ? apa mungkin ?

Memanfaatkan sebuah CPU komputer untuk pengguna lebih sekaligus secara logika dan sudah biasa digunakan sama halnya membuat account user pada windows xp misalnya ada account admin, user1 dan user2. artinya ada 3 pengguna yang dapat menggunakan komputer tersebut dengan account yang berbeda dan password yang berbeda pula, hanya saja penggunaannya tidak bisa dilakukan dengan cara bersamaan melainkan bergantian dikarenakan monitor, keyboard dan mousenya hanya satu otomatis penggunaannya tidaklah bisa bersama-sama.

Maksud dari Satu CPU Komputer untuk dua user atau lebih disini hampir sama dengan membuat account login seperti diatas hanya saja ada penambahan monitor, keyboard dan mouse jadi masing-masing pengguna menggunakan peralatan monitor keyboard dan mouse terpisah dengan satu mesin atau CPU. lihat gambar dibawah ini

cloning-pc

dari gambar diatas terlihat ada dua monitor yang sedang menyala, "gambar diatas diambil setelah perbaikan layar lcd dengan menggunakan kamera hp cpunya terletak disebelah layar satu" bagaimana cara membuatnya dan komponen apa saja yang perlu ditambahkan.

Komponen perangkat keras yang perlu dilengkapi untuk membuatnya :
  • CPU Minimum Pentium 4 
  • Memory 1 Gb, dianjurkan lebih
  • Harddisk Free setelah install semua program 4 Gb
  • VGA Card PCI atau PCI Express
  • Keyboard dan Mouse
  • PCI Soundcard >> tambahan saja
  • USB Hub >> tambahan saja
Lihat gambar dibawah ini, merupakan backpanel dari cpu yang digunakan untuk menghubungkan kedua monitor diatas dan keyboard mousenya.

satupc-dua-monitor

Lihat Back Panel dari komputer terpasang ada dua kabel VGA monitor satu terhubung pada vga out yang dari motherboard sedangkan vga yang satunya lagi dihubungkan dari VGA Card PCI express yang ditambah dengan converter, sedangakhan keyboard dan mousenya semuanya terpasang pada conector usb yang terdapat pada bagian belakang cpu tersebut..

Perangkat lunak yang diperlukan dan sudah dipersiapkan
  • Sistem Operasi Windows XP, Win 7
  • Software Aplikasi Betwin
  • Software Aplikasi lainnya
  • Driver
Sistem Operasi yang mendukung dengan aplikasi betwin, windows xp atau windows 7, pada komputer yang menggunakan sistem tersebut sebaiknya lengkapi terlebih dahulu semua apalikasi lain yang nantinya akan dipergunakan secara bersama, buat account user lain selain admin dan lengkapi dengan password usernya. Software aplikasi betwin akan berfungsi untuk memisahkan perangkat keras seperti vga, sound, keyboard dan mouse berdasarkan user login yang sudah diatur.

Berikut tahapan pembuatannya.
  1. Pasang Vga Card
  2. Pasang Sound Card jika hendak pada clone tersebut soundnya juga dipisah jika tidak abaikan saja, cukup dengan soundcard bawaan motherboardnya saja.
  3. Pasang Keyboard dan Mouse, bisa menggunakan usb hub maupun tidak, jika conector usbnya banyak ada baiknya keyboard dan mouse dihubungkan langsung ke cpu tidak melalui usb hub lagi, usb hub gunakan untuk opsional saja seperti untuk flash disk dan lain sebagainya.
  4. Install driver Vga Card yang baru, usahakan agar VGA yang baru dipasang tidak konflik dengan vga yang sebelumnya.
  5. Buat Account user baru limit user dan lengkapi dengan password, misal Komputer 1 dan Komputer 2.
  6. Hubungkan monitor yang baru dan keyboard mouse.
  7. Install Software betwinnya pada saat ada konfigurasi restart biarkan restart, untuk hal ini pastikan  kondisi monitor keyboard dan mouse sudah terpasang dengan baik, jika berhasil pada saat windows booting setelah restar dan secara otomatis aplikasi betwin akan setup wizard dengan sendirinya silahkan ikuti instruksi yang muncul pada layar,perhatikan pada layar tersebut saat proses login akan ada instruksi pada layar satu pilih mouse yang digunakan dan saat itu silahkan anda gunakan dan klik tombol pada layar dengan menggunakan mouse yang akan menjadi bagian dari layar terebut begitu juga dengan keyboardnya instruksi dilayar juga sama akan diminta untuk memberi tanda keyboard mana yang digunakan, jika hal diatas sudah maka pada layar satunya lagi ke dua, akan muncul perintah yang sama setelah itu komputer akan kembali restart.
Jadi dengan menggunakan satu buah komputer saja kita bisa menambahkan monitor, keyboard dan mouse lebih dari satu, yang artinya satu mesin cpu bisa dipake beramai-ramai seolah-olah kita punya PC lebih dari satu sudah pasti sangat bermanfaat penghematan biaya untuk beli banyak pc, juga bisa hemat dalam pemakaian listrik, okh ia software aplikasi betwin dan cracknya ada disitus eaction.bang-jefri.com, jika kurang jelas panduan untuk menyulap cpu anda bisa dipake atau dijadikan dua user bisa ke : sini,

Semoga artikel Satu CPU Komputer untuk DUA User  Lebih, bisa menjadi tambahan informasi buat rekan-rekan semua yang hendak experiment ujicoba yang pasti bermanfaat, selamat mencoba.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Komunikasi

G+

  • Share postingan terbaru di blog sahabat di-Sini
  • Artikel Terkait

    4 comments:

    1. apakah artikel anda yg tulis bner tidak saya pnya tugas TIK yg judulnya Bagaimana Cara Membuat User Lebih Dari Satu Komputer

      BalasHapus
      Balasan
      1. maksud pertanyaan anda apa ya...? maaf untuk artikel ini benar sy yang tulis kenapa ya..? cloning seperti ini sudah lama dibuat gan, 2008 sy sudah buat dan tulis juga artikel seputar clone pc dengan menggunakan komputer 486.

        Hapus
    2. mas kalu cuman satu keibor dan mos gimana tapi 2 monitor artinya saat kita pilih tampilkan monitor dua kurang klik gitu gimana mas,...tlng aku minta nomer hp.nya mas...butuh pencerahan ni nomerku 085240817002

      BalasHapus
      Balasan
      1. satu keyboard dan satu mouse dengan menggunakan dua buah monitor, itu mudah mas tinggal masuk ke pengaturan displaynya saja trus jadikan monitor kedua sebagai extended, pake os apa ya..?

        Hapus

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Seputar Postingan Diatas.

    Mohon untuk tidak meninggalkan link aktiv/spam!, Terimakasih untuk komentar dan diskusinya.Untuk promo/iklan tidak akan diterbitkan gunakan dan lihat halaman pasang iklan.terimakasih