Sabtu, 14 April 2012

Power Supply Radio Switching Komputer

Power Supply radio murah dari PSU Komputer, untuk mendapatkan catu daya dengan kualitas yang baik dan bisa digunakan sebagai catu daya adaptor untuk radio RIG / HT dengan biaya murah, tahan panas dan pastinya handal sudah pasti dicari oleh mereka pecinta radio kontek-kontek.

Pada postingan sebelumnya dengan judul modifikasi power komputer untuk power radio, banyak pertanyaan dari rekan-rekan yang mencoba dan memodifikasinya untuk berbagai keperluan seperti pengganti travo linier yang berukuran besar dan harga yang mahal.

power-switching

Power Switching untuk saat ini sudah sangat dikenal dan banyak digunakan orang, dikarenakan ukurannya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan menggunakan power linier besar dan berat, meskipun ukurannya kecil daya yang dihasilkan juga tidak kalah jika dibandingkan dengan power linier yang menggunakan travo yang berukuran besar, Postingan kali ini coba ulas kembali bukan karena banyak pertanyaan saja tapi sembari berbagi pengetahuan hasil uji coba berharap bisa menjadi refrensi tambahan buat rekan-rekan yang hendak mencoba membuat merombak atau memodifikasi power supply komputer sehingga dapat dimanfaatkan sesuai keperluan. modifikasi power supply komputer yang digunakan kali ini mereknya Powerlogic 450watt dengan output :

  • + 3.3 Volt / 15 A >> Orange
  • +    5 Volt / 22 A >> Red
  • + 12  Volt / 12 A >> Kuning
  • - 12  Volt / 0.5 A >> Blue
  • +  5  Volt  / 2   A >> Purple
Itulah tegangan dan kuat arus keluaran dari power supply komputer dengan merek powerlogic  yang akan dimodifikasi, dimana tegangan yang akan digunakan 12 Volt 12 A dan sedikit modifikasi agar power supply tersebut bisa digunakan,

power-komputer

sebelum memodifikasi power supply tersbut ada beberapa peralatan yang diperlukan untuk merombaknya, siapkan obeng, solder, timah dan multitester lebih disarankan menggunakan multitester digital agar pengukuran tegangan bisa lebih akurat.

pada power supply logic ini menggunakan SMPS 7500, sedangkan postingan sebelumnya menggunakan TL 494, pada prinsipnya hampir sama berikut tahapan memodifikasinya :

Nb.Hati-hati untuk memodifikasi dan membongkar power tersebut, bisa nyetrum
  1. Pastikan power tidak terhubung dengan jaringan listrik
  2. Buka penutup power, lepaskan 4 baut yang ada diatasnya
  3. Agar lebih mudah untuk merombaknya lepaskan board PCB rangkaian dari box power.
  4. Potong atau lepaskan kabel yang tidak digunakan menggunakan solder, kabel warna merah, orange, dan abu-abu tidak digunakan, sedangkan untuk kabel yang berwarna hitam untuk min (-), kuning (+ 12 ), Hijau untuk Power on, biarkan terpasang.
  5. Perhatikan pin 1 pada IC 7500
  6. Lepaskan Tahanan 10K dari jalur 3.3 Volt dan dioda, 100K dari jalur 5 Volt dan diodanya, lihat gambar dibawah ini posisi tahanan dan dioda yang dilepas untuk mempermudah pencarian.
modifikasi-power
      Tambahkan Tahanan sebesar 10 K dengan cara hubung seri dengan tahanan 150K yang terhubung pada keluaran - 12 Volt.
      Tambahkan Tahanan Sebesar 100 Ohm / 1 Watt pada keluaran 12 Volt sebagai tahanan bebannya.
      Agar tegangannya lebih dari 12 Volt, tambahkan resistor 4.7 K dengan cara seri tahanan 15 K dari keluaran 12 Volt, sedangkan jika ingin tegangan bisa diadjust ganti tahanan 15 K dengan 10 K kemudian tambahkan trimpot atau potensio 20K untuk mendapatkan tegangan yang diinginkan, lihat sekilas skema rangkaiannya 
    rangkaian+psu+komputer
            Perhatikan gambar rangkaian diatas lihat yang dilinkari itu bagian yang dimodifikasi, beberapa power supply mati jika dioda yang terhubung ke 3.3Volt dan 5 Volt tetap terpasang, begitu juga tahanan 150K yang terhubung ke - 12 jangan dilepas hasilnya akan sama power juga akan mati jika tahanan tersebut dilepas, tegangan tidak bisa lebih dari 16 Volt karena rangkaian dilengkapi dengan protek jika tegangannya lebih dari 16 Volt biasanya power akan menyala dan kemudian mati hal ini mungkin saja tegangannya lebih dari 16 Volt, jika masih memaksakan tegangan keluar agar lebih dari 16 volt perhatikan rangkain lain, yang menggunakan TL494 bisa melepas kaki atau pin 4 pada IC SMPS tersebut, tapi untuk cara ini tidak direkomendasikan akan berakibat ada gangguan atau kerusakan di bagian lainnya.
              Uji coba terlebih dahulu rangkaian yang sudah diperbaiki dan dirobah sebelum memasukaknya kedalam kotaknya hati-hati dalam pengujian pastikan rangkaian dari bahan lain yang bisa mengakibatkan kerusakan total seperti bekas timah solder saat melepas beberapa komponen,  lihat gambar dibawah ini saat uji coba
            modifikasi-power-sendiri
              Setelah keadaan rangkaian dipastikan bersih dan  coba hubungkan kabel PS On yaitu kabel berwarna hijau dengan warna hitam kemudian hubungkan power dengan arus listrik dari PLN, lihat apakah kipasnya berputar dan coba ukur tegangan keluarnya jika semuanya berhasil langkah selanjutnya berikan beban luar dengan daya yang besar atau minimal 1/4 kuat arus yang dihasilkan oleh ps tersebut,  atau bisa dengan menggunakan  lampu daya minimal 35 Watt biarkan lampu menyala dan tunggu beberapa saat sembari memperhatikan nyala lampu apakah ada perubahan.
              power-komputer


              Uji coba hasil modifikasi dengan menambahkan lampu pada keluaran 12 Voltnya dengan menghubungkan kabel warna kuning dan hitam, pasang juga multitester untuk melihat besar tegangan yang keluar perhatikan hasil pengukuran saat belum diberikan beban dan sesudah diberikan beban lampu.
              Jika modifikasi berhasil tidak ada hal-hal yang mencurigakan pada keluaran setelah dimodifikasi dan diberi beban lampu masukan rangkaian kembali kedalam box, dan rapikan kabel yang akan digunakan, untuk jalur power on bisa dengan cara menghubungkan langsung  (jumper) PS On (kabel warna hijau) ke  ground (kabel warna hitam), bisa dengan menambahkan switch atau saklar on-offnya.

            power-radio


               
              Modifikasi Kuat Arus
              Untuk Amper atau kuat arus yang dihasilkan, sekaligus menjawab beberapa pertanyaan teman-teman pada postingan sebelumnya untuk menaikkan amper, pada prinsipnya amper yang besar maka akan menghasilkan daya yang besar, karena besar daya / watt yang dihasilkan diperoleh dari perkalian antara tegangan dan kuat arus. 
              Mendapatkan amper yang besar tentu akan membutuhkan biaya besar pula tapi itu semua tergantung dari kebutuhan yang diperlukan, sedangkan untuk supply satu buah radio dengan daya standar kira-kira 50 Watt menggunakan power supply switching / PSU komputer sudah cukup dan biayanya yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar, radio rig dengan daya pancar 50 Watt kuat arus yang diperlukan sekitar 9 - 13 Amper, silahkan lihat dimanual book radionya masing-masing.
              Untuk penyearah arus adaptor linier maupun switching menggunakan travo, dimana didalam travo ada beberapa faktor yang bisa menghasilkan tegangan dan kuat arus, antara lain kumparan primer dan kumparan skunder, panjang kawat dan lebar penampang kawat, semakin panjang kawatnya maka semakin besar tegangan yang dihasilkan sedangkan besar penampang kawat akan menghasilkan kuat arusnya.
              Jika dari travonya sendiri kemampunya sudah terbatas solusinya adalah dengan cara mengganti atau melilit ulang ukuran dan penampang yang berbeda pada kumparan tersebut cara ini membutuhkan ketelitian, kesabaran untuk melilit ulang kumparan tersebut, 
              Kumparan mana yang harus dililit ulang ?
              Secara logika karena kumparan skunder yang menghasilkan tegangan dan kuat arus sudah tentu kumparan tersebutlah yang diganti atau dililit ulang, sebenarnya bukan hanya kumparan skundernya saja, kumparan primernya juga harus diperhatikan kenapa demikian karena prinsip kerja travo bekerja berdasarkan induksi, jika kumparan primernya tidak mampu menginduksi kumparan skunder sudah pasti  keluarannya tidak sempurna atau tidak maksimal, begitu juga dengan space ruang jika kumparan bertambah panjang dan besar sudah pasti memakan ruangan lebih banyak dari sebelumnya. Lilitan yang tidak rapi juga akan menyebabkan tidak maksimalnya arus dan tegangan yang dihasilkan. 
              Apakah bisa kuat arus/ amper dinaikan selain melilit ulang travonya ?
              Pertanyaan seperti ini bisa ia bisa tidak, kenapa terkadang didalam PSU komputer amper travonya besar tapi yang dikeluarkan kecil, arus yang keluar dari travo diatur atau dihambat oleh beberapa komponen elektronik lainnya agar konsumsi daya yang dibutuhkan sesuai untuk ini bisa dilakukan dengan mengganti komponennya seperti pada powerlogic yang digunakan diatas menggunakan fastdioda F12C20C artinya arus yang bisa lewat pada dioda tersebut maksimum 12 Amper,  jika kuat arus dari travo switching besar bisa  diganti dengan STPS3045S untuk kuat arus sebesar 30 Amper.
              Adakah cara lain ?
              Ada bisa dengan cara memparalel power supply, tapi dengan catatan tegangan, kuat arus, dan frekuensinya sama agar tidak ada yang menjadi beban. sama hal pada PLTD - Pembangkit Listrik Tenaga Disel yang menggabungkan beberapa mesinnya agar daya yang dihasilkan cukup.
               
            Alasan Menggunakan Switching Komputer

            Menggunakan switching komputer untuk supply Radi RIG / HT sebagai pengganti power linier yang terbuat dari travo yang ukuran fisiknya besar dan berat dan juga harganya mahal :
            • Biayanya murah, 
            • Lebih efesien dan praktis tidak terlalu membutuhkan tempat untuk penempatannya, 
            • Pemakaian listrik PLNnya lebih irit, ini merupakan satu keunggulan / kelebihan dari switching, 
            • Tegangan output yang dikeluarkan stabil meskipun tegangan sumber naik turun, dan sudah dilengkapi dengan protect tegangan.

            Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Komunikasi

            G+

          1. Share postingan terbaru di blog sahabat di-Sini
          2. Artikel Terkait

            15 comments:

            1. saya punya PS merk nipon dgn IC SMPS 7500, ingin saya gunakan yg 5 volt trs mau diubah ke 1.7 volt. setelah saya ganti tahaanan dgn potensio, voltasenya mau saya turunkan hanya sampe 4 volt trs kayak protek kipas ga mau nyala. saya cek 0 volt. dan ganti saya coba naikkan lagi kipas mau nyala saya cek untuk kabel 5 volt bs sampe 7 volt sedangkan yg 12 volt bs sampe 14 volt. jadi dgn mengubah tahanan pada 5 volt juga bisa mengubah voltase pada kabel 12 (tahanan pada 12 volt tidak terjadi perubahan dan jika dilepas tahanan pada 12 volt kipas tetep saja bs hidup). trs yang saya tanyakan bagaimana solusi biar dari 5 volt bs voltasenya diturunkan jadi 1.7 volt agar bs diperoleh ampere besar pada voltase 1.7 volt

              BalasHapus
            2. memang betul jika r yang dari 5 volt dirobah dan tegangannya naik tentu tengangan 12 voltnya juga ikut naik, karena kumparan travonya tidak dipisah antara 3 5 dan 12 voltnya. sebenarnya pada postingan kali ini juga tegangan yang keluar dari 3 5 juga ikut naik, karena yang dipake 12 volt maka jalur r yang dari 3 dan 5 volt dilepas.jika saudara ragil inginkan tegangan 1.7 volt ambil dari tegangan 3 volt saja jadi penurunan tegangan outputnya tidak terlalu drastis karena kalau menurunkan tegangan dari 5 ke 1.7 tegangan kurang kira 3.3Volt otomatis yang 12 voltnya jadi 7.3 volt sudah pasti kipas akan mati, dan lihat rangkaian di ps switchingnya ada yang disupply dari tegangan 12 volt

              BalasHapus
            3. wah kayaknya mas ragil mau buat carger buat tamia nih kayaknya wkwkwk muantap cas cepat yak

              BalasHapus
            4. Okh begitu ya, apa semua power komputer itu sama..? trus kalau buat carger aki bisa tidak, mohon rangkaianya ?

              BalasHapus
            5. Trimakasih buat Anonim, mohon kedepan untuk memberikan nick ya supaya kita lebih enak diskusinya. bisa untuk membuat carger aki yang tinggal dipasang aja, kalau menggunakan travo linier cukup travo dan dioda saja, tidak perlu menggunakan kapasitor.

              BalasHapus
            6. suka sekali saya dengan postingan artikel nya mas...
              tapi bila tidak kalo bagian gambar skema nya di scan aja, karena kurang jelas gambar nya....
              terus kasih gambar step by step komponen yang di ganti dalam bentuk gambar....
              dan bisa tidak bila di naikan ampernya sampai 100 amper atau lebih...
              kalo bisa sekalian step by step dengan ambar ya mas...

              maklum saya orang awam hanya bisa berfikir instan nya saja...
              hehehehehe

              BalasHapus
              Balasan
              1. waduh ini tantangan buat saya ehh. wkwkw. ia salam kenal mas zhin, untuk gambar rangkaian diatas itu adalah skema dari ps yang saya modif sesuai dengan postingan "garis besar saja" karena beda merek beda skema. untuk menaikkan menjadi 100amper bisa saja mas selama kita mengetahui komponen-komponen pendukung lainnya,dan sudah pasti banyak komponen yang akan mengalami perubahan, penggantian mudah-mudahan kedepan saya bisa sempat experiment 100Amper, wah kalau untuk awam sama ja mas kita awam juga cuma hanya sebatas berbagi saja kata orang share..

                Hapus
            7. mas mau tanya, kira2 switching komputer itu setara dg trafo besi berapa ampere? Apa tidak lebih boros jika switching kita pake untuk tape recorder kecil.
              Soalnya aku punya tape recorder dg trafo besi 2 ampere. Jika aku ganti switching komputer maka lebih hemat listrik ataukah malah boros. Mohon penjelasan. Makasih.

              BalasHapus
              Balasan
              1. yup buat mas anonim untuk power amper output dcnya
                5 Volt setara 15A lebih, 12 Volt setara 8A, itu perkiraan saja karena beda merek tentu beda pula, itu perkiraan minimal saya saja mas anonim, untuk hemat ya hemat ya switching

                Hapus
            8. kalau pake ps enlight 400 watt sma prosesnya mohon pencerahan..?

              BalasHapus
              Balasan
              1. bli atau bro nguraha bisa cek ic smps aja diblog ini ada yg pake smps 7500 atau baca artikel terkait seputar modifikasi power supply switchingnya bli

                Hapus
              2. mas kalau ic nya pake sd6109, untuk modif tegangan sampai 15 volt bagian mana yang dirubah? trims atas penjelasannya mas, syukur kalau pake skema. salam kreatif!

                Hapus
            9. mas kl buat cas aki gimana mohon pencrhnya makasih

              BalasHapus
            10. Salam kenal kawan ..Aku punya power suplay Mentari 450 Watt,dgn smps 7500 &lm 339,komponen,blok yg harus diganti atau di lepas,habis ruwet bagian blog gambarnya ?
              Bila beli atau tukar tambah harus di mana ? Sukses selalu..suwun..

              BalasHapus

            Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Seputar Postingan Diatas.

            Caranya, Pilih sesuai dengan account yang anda miliki, untuk yang tidak ada silahkan gunakan Name/URL:

            Name : isi dengan Nama/Alias/10-28/Callsign.
            URL   : isi dengan Url Website/Blog/Gplus/Facebook/Twitter/dll

            Mohon untuk tidak meninggalkan link aktiv/spam!, Terimakasih untuk komentar dan diskusinya.Untuk promo/iklan tidak akan diterbitkan gunakan dan lihat halaman pasang iklan.terimakasih