Senin, 30 April 2012

Rangkaian Preamp Mic Sederhana

Membuat rangkaian preamp mic sederhana, dengan menggunakan satu buah transistor sebagai penguat atau biasa disebut dengan pre-ampli, pada dasarnya rangkaian sangat sederhana dan simpel, berikut ini rangkaian preamp mic sederhana yang bisa dipergunakan untuk mic condensor. Rangkaian Pre Amplifier dengan menggunakan satu buah transistor sebagai penguat sinyal microphone condensor, transistor C828 yang banyak dijual dipasar dan harganya pun murah memungkinkan kita bisa membuat preamp mic sendiri dengan biaya yang relatif murah, condesor mic membutuhkan supply tegangan agar dapat bekerja, pada rangkaian sederhana dibawah ini supply untuk mic condensornya melalui satu buah tahanan 15K ohm.




Membuatan preamp mic seperti rangkaian diatas tidak terlalu rumit dan komponen-komponennya banyak dipasaran anda bisa merakitnya diatas pcb lobang halus atau membuat sendiri jalur pcbnya. Biasanya keluaran dari rangkaian ini di tambahkan rangkaian tone control untuk memberikan efek bass, mid, atau treble bahkan ada juga yang menghubungkannya ke rangkaian efek echo.

Bisakah rangkaian preamp mic diatas digunakan sebagai penguat atau preamp mic dynamic. tentu bisa sobat cukup melepaskan tahanan sebesar 15k yang terhubung ke line in mic condensornya, dan capasitor 100N bisa diganti dengan elco 4.7mf.

Jika Membuat Rangkaian Preamp Mic Sederhana, diatas digunakan untuk penguat mic untuk radio tegangan sumbernya ambil dari jack extramic agar suara yang dihasilkan sedikit lebih jernih bisa mengurangi noise / dengungan. semangat untuk melakukan ujicoba sendiri akan membuat kita menjadi terbiasa meskipun tidak mempunyai keahlian khusus dibidang elektronik, dengan terus mencoba dengan sendirinya akan membuat kita mengerti dan memahami prinsip kerja dari rangkaian pream mic, bisa membuatnya menjadi lebih komplek dengan menambahkan efek echo, silahkan lihat juga rangkaian echo sederhana untuk menambah efek pada rangkaian preamp mic sederhana.

Pengembangan rangkaian preamp mic bisa ditambahkan dengan led sebagai indikator level kekuatan suara dari mic, biasa dikenal dengan VU Meter Display, melengkapi asesoris.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Komunikasi

G+

  • Share postingan terbaru di blog sahabat di-Sini
  • Artikel Terkait

    25 comments:

    1. Mas bro, aku punya SAHITEL MS300, yang gak ada colokan mic nya, aku mau buat sendiri, .
      yang mau aku tanyakan komponen apa saja yang aku butuhkan dan bagaimana cara membuatnya?

      jawaban kirim ke emailku aja ya : whitewolf.peter@gmail.com

      Terima kasih sebelumnya, aku sangat butuh jawaban dari mas bro...

      BalasHapus
    2. Bos, aq lagi rakit buat ngebrik. Beli preamp mic yg 2 Transistor, tp knp kok mic kondensor sdh dipasang dg benar kok gakk bunyi? Mhn bantuannya. Thx

      BalasHapus
      Balasan
      1. yup bos hendrix adinata, apa sudah disupply tegangan kondensornya, tambahkan r10K trus hubungkan ke + tegangan dan ke + mic condesornya, lihat gambar diatas r15k semoga bisa membantu

        Hapus
    3. mas bro mau nanya.... cara merakit microphone untuk kamera gmana ya, mic yg biasa untuk org shooting film yg pakai gagang panjang tu...
      n bahan"nya apa aja ya...
      balas ke email saya ya mas :panjiherianto@gmail.com terimakasih.

      BalasHapus
    4. bang jefri,

      yg dimaksud dg preamp mic apa yah?? maklum ga mudeng elektronik dan juga bahasa inggris. mohon pencerahannya donk, saya berniat membuat radio komunikasi dua arah untuk jarak pendek. semacam walky talki. mohon di email jawabannya ke email ku ya bang di aren86@gmail.com.
      terimakasih untuk jawabannya dan bimbingannya.

      BalasHapus
      Balasan
      1. pre+amp sebenarnya sebagai penguat gan, yup di send ke email

        Hapus
    5. maaf mau nanya.. bagaimana membuat rangkaian layaout. saat vokal dari mic masuk secara otomatis musik turun, dan saat vokal dari mic berhenti musik normal kembali terimakasih.

      BalasHapus
      Balasan
      1. yup mas sinyo aliando emang teman-teman breker pake mode begituan, mas bisa modifikasi rangkaian opamp diatas dengan dua kali penguatan dengan penambahan transistor keground saat mic mendapat sinyal suara berlebih transistor ketiga merubahnya menjadi level tegangan dan menginvert suara musik (memberikan sinyal ground sehingga musik mengecil) dan saat suara dari mic sepi transistor tidak mendapat tegangan dan suara musik kembali besar

        Hapus
    6. bang jepri aku tertarik untuk dikirimi gambar skema Extramic lengkap dengan PTT,.yang suaranya bisa mantuap,,,Ngebass,..thankyou

      BalasHapus
      Balasan
      1. rangkaian komplitnya gak ada masmoko tapi yg sederhana bisa, ke mana..? emailnya

        Hapus
    7. Bang.. saya masih kuper dalam hal ini... Mohon dibantu kirimkan rangkaian selengkapnya.. dan kalo ada sekalian rangkaian buat ekstra mike yang suaranya kayak radio dari pesawat luar angkasa itu... modulasinya pendek-pendek tapi kental, padat dan akurat... Trims.

      BalasHapus
      Balasan
      1. maksudnya efek derau atau efek apa ya "pesawat luar angkasa" gak pernah dengar bos iges coba lihat artikel terkait yang berhubungan dengan preamp mic pada situs ini kemungkinan besar bisa sedikit memberikan tambahan informasinya

        Hapus
    8. Boz, kalo buat mic komputer atau laptop gimana...?
      Aku masih bingung cari skema rangkaiannya.
      Tolong balas ke email...
      Trima kasih sebelumnya...

      BalasHapus
    9. Mau tanya gan kl preamp yg bagus, tp harganya murah merek apa ya??

      BalasHapus
      Balasan
      1. duh maaf gan sy gak pernah beli merek sih jadi gak gitu hapal, berpatokan dengan ic processor yg digunakan dan opamp serta c yg digunakan itu sih. maaf ya

        Hapus
    10. mas mau nanya dong.. sy sedang melakukan penelitian untuk membuat alat.. pintu dengan menggunakan condenser mic dan pre amp.. alat saya ini akan di sambungkan ke microkontroler ATmega16PU dan sistem door strike fail safe... dan sy masih binggung mas untuk rangkaiannya.. sy bsa minta kontak fb / email mas untuk bimbingannya?? email saya : yoonawinata@gmail.com
      terima kasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ok kalau salah mohon dikereksi lagi, intinya mic dijadikan sebagai sensor sebelum masuk ke mikrokontrolernya, biasanya saya cukup pergunakan opamp lm324 sebagai penguat, tetapi kalau untuk record /rekam suara (saya tambah ic ISD 2560), untuk kontrolnya gimana-gimana tergantung dari logika pemrograman MC nya.

        Hapus
    11. gan, ane lg skripsi nih. mau nanya kalo skema blok diagram dan skema rangkaian untuk menggerakkan motor gimana ya? dr mikrofon ke mikrokontroler trus ke motor

      BalasHapus
    12. Gan ada ga softwere sejenis ini atau reveb yg bsa d dwnload buat di pc atau laptop pake ngbrik.. biar di udara modulasi kayak ada gema and ada background musik nya.. tlong infonya.. mksi gan...

      BalasHapus
    13. Gan softwere sejenis ini atau reverb buat ngebrik ada ga ya?? Yg bisa di dwnload buat pc atau laptop biar modulasi kaya ada gema trus bcground ada musik nya... mohon infonya gan.... thanks...

      BalasHapus
      Balasan
      1. ada gan, bisa minta emailnya saya send kesana

        Hapus
    14. Terimaksih atas informasinya, sangat menarik dan menambah wawasan serta ilmu. Semoga tambah sukses selalu.

      BalasHapus
    15. Met kenal mas bro, saya H. Kuat Slamet dari Purwakarta Jabar. saya ingin membuat PS untuk laptop ACCER 19 Volt dan 7 Ampere tolong bantu dong (kirim ke eMail saya : kuatslamet@yahoo.co.id makasih ya .......


      BalasHapus

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Seputar Postingan Diatas.

    Mohon untuk tidak meninggalkan link aktiv/spam!, Terimakasih untuk komentar dan diskusinya.Untuk promo/iklan tidak akan diterbitkan gunakan dan lihat halaman pasang iklan.terimakasih