Senin, 23 April 2012

Membuat Stasiun Radio Online Sendiri

Ditulis Oleh : Jefri di Duniakomunikasi Updated at: 1:26 PM
Toko Online vicheshop Baju sepatu grosir bandung murah
radio streaming
Membuat atau membangun stasiun radio sendiri dengan biaya murah bisa saja jadi impian, radio dengan jangkauan yang luas bisa didengarkan dimana saja lancar tidak berat untuk diakses melalui jaringan apa saja. Membuat stasiun radio online atau streaming sendiri ini bukan seperti radio lokal yang menggunakan frekuensi untuk memancarkan dan menerima siaran radio tersebut melainkan menggunakan jaringan internet yang saat ini kian menjamur dimana-mana.


Apa perbedaan radio online ini dengan radio yang biasanya didengar ?

Radio yang biasa didengar sebut saja dengan radio lokal, pada radio lokal sudah pasti membutuhkan biaya yang besar untuk membuatnya / mendirikannya karena memerlukan peralatan khusus seperti pemancar,antena, boster, power,tower, komputer dan peralatan teknis lainnya, disamping itu juga masalah perijinan yang sedikit rumit harus melewati beberapa tahapan barulah ijin mengudara diperoleh, dengan tujuan agar frekuensi pancaran radio tersebut tidak mengganggu peralatan komunikasi lainnya yang sama-sama menggunakan frekuensi atau gelombang radio.

Cara Buat Radio Streaming atau Radio Online
Sedangkan jika hendak membuat radio online sendiri perlatan teknis yang diperlukan hanyalah komputer dan  microphone.

radio online murah
Perhatikan topologi radio online yang hendak dibuat, aspek yang sangat membantu pada pembuatan radio online ini adalah jaringannya, termasuk servernya. dari topologi radio streaming diatas terlihat suara penyiar masuk kesatu komputer melalui line input dan pada komputer sudah dilengkapi dengan software winamp, sam boardcaster nah dengan aplikasi tersebut suara dari penyiar tadi dirobah menjadi paket-paket ip yang dikirimkan ke server dan server mengirim ulang suara penyiar keberbagai peralatan pendengar lainnya yang terhubung dengan alamat server bisa komputer, laptop, ipod dan hanphone selama peralatan tersebut terkoneksi dengan jaringan internet.

Wah harus sediakan komputer server dong ?, pasti harganya mahal ?
Memang betul harus punya komputer server dan sistem operasinya harus handal agar tidak ada hal-hal lain yang menyusup ke server yang memungkinkan hasilnya tidak sempurna atau jadi ancaman bagi sipendengar terhadap perangkat yang digunakannya untuk mengakses server tersebut. silahkan ke sini  jika tertarik membuatnya anda tidak perlu mempersiapkan komputer server lagi, akses nya cepat, komputer server menggunakan sistem operasi open source yang sudah dilengkapi dengan security.


Semoga pertanyaan teman yang masuk melalui email bisa sedikit terjawab tentang bagaimana cara membuat radio yang murah dan tidak ribet, berdasarkan pengalaman kami saat hendak mendirikan radio lokal prosesnya sangat sulit dan harus mempunyai badan hukum minimal CV, sekalipun hendak mendirikan radio komunitas dengan maximum power hanya 50 Watt yang radius daya pancar 2.5M dari stasiun juga susah, mungkin ini solusi yang bisa dibagikan, klikhost.com mempunyi server sendiri terletak diindonesia dan ini memungkinkan untuk akses akan lebih cepat karena servernya ada dinegara sendiri dan team mereka siap membantu segala sesuatunya hingga radio benar-benar bisa diakses dari internet.



Selamat mencoba, kelebihan radio online kita bisa tahu berapa banyak orang yang mendengarkan radio kita dan sipendengar tidak harus berada didaerah atau didekat stasiun dari luar negeripun bisa, jika dibandingkan dengan radio lokal, mohon maaf jika kurang memuaskan silahkan ke TKPnya langsung.

Pengen punya server radio online sendiri, Server lokal biaya murah, handal dan anda akan dibantu dipandu untuk seting konfigurasi sampai radio online setting radio streaming anda selesai bisa mengudara disini.

semoga cara membuat stasiun radio online sendiri bisa menjadi refrensi atau alternatif radio lokal,dan Radio Online/ radio straming anda bisa juga dipasang di FB (facebook) klik disini pasang radio streaming di facebook agar teman-teman fb anda juga bisa mendengarkan dan menikmati radio online anda.

2 komentar:

  1. salam buat mas puji yanto, eh ia mas dulu pernah sih buat sendiri radio streamingnya kendala yang sering terjadi di server dan koneksi internetnya apa lagi kalau inetnya shared dengan yang lain, kalau lagi sepi yang menggunakan lancar-lancar aja tapi pas lagi sibuk, wah susah mas delaynya sangat jauh, kebetulan coba servernya klik host ya muantap lah.

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Seputar Postingan Diatas.

Caranya, Pilih sesuai dengan account yang anda miliki, untuk yang tidak ada silahkan gunakan Name/URL:

Name : isi dengan Nama/Alias/10-28/Callsign.
URL   : isi dengan Url Website/Blog/Gplus/Facebook/Twitter/dll

Mohon untuk tidak meninggalkan link aktiv/spam!, Terimakasih untuk komentar dan diskusinya.Untuk promo/iklan tidak akan diterbitkan gunakan dan lihat halaman pasang iklan.terimakasih