Minggu, 27 Mei 2012

Cara Membuat Adaptor dan Komponen yang digunakan

Cara Membuat Adaptor dan mengenali komponen-komponen yang digunakan untuk membuat adaptor, sehingga dapat digunakan sebagai catu daya pada peralatan elektronik.Adaptor, Power Suplly atau Catu Daya merupakan bagian penting pada setiap rangkaian elektronika pada dasarnya semua peralatan elektronika bekerja pada arus searah.

 Bagi mereka yang sudah terbiasa bergelut dibidang elektronika postingan ini mungkin tidak berarti bagi mereka, hanya berbagi saja buat rekan-rekan karena postingan ini ada kaitannya dengan postingan sebelumnya tentang Tips Menjaga usia Bateray radio HT, juga pada postingan Power Supply untuk radio rig sebelum membahas kerangkaian adaptornya sekilas komponen-komponen yang diperlukan dan fungsi dari komponen tersebut secara umum.

  1. Transformator / Travo
  2. Transformator atau biasa disebut dengan travo, fungsi dari travo ini sebagai penaik tegangan (step up) dan penurun tegangan (step down), pada travo terdapat kumparan-kumparan yang akan menghasilkan tegangan dan kuat arus, kumparan primer dan kumparan skunder.Kumparan Primer adalah kumparan yang dialiri arus listrik (sumber) yang kemudian menginduksi kumparan skunder, sedangkan kumparan skunder adalah kumparan yang menghasilkan tegangan atau yang diinduksi. Jika tegangan yang keluar dari kumparan skunder itu lebih besar dari tegangan yang masuk ke kumparan primer maka travo tersebut dikategorikan dengan travo Step Up, begitu sebaliknya Silahkan baca artikel fungsi dari transformator stepup-step down.
    travo+linier
  3. Dioda
  4. Dioda merupakan komponen semikonduktor, yang berfungsi sebagai penyearah arus, arus yang lewat pada dioda hanya arus searah.
    dioda+simbol
    dioda+bridge

    macam-dioda

    Macam-Macam Dioda Bridge
  5. Kapasitor
  6. Kapasitor atau biasa juga disebut dengan elco, untuk kapasitor sebenarnya banyak jenis, pemasangan kapasitor atau elco pada rangkaian penyearah untuk menstabilkan tegangan atau sebagai filter tegangan ac, yang keluar dari dioda tersebut
    elco+capasitor
    Komponen Inti dari rangkaian adaptor ada tiga :
    1. Transformator, atau Travo
    2. Dioda
    3. Kapasitor
    Cara Membuat Adaptor atau power supply dengan menggunakan komponen tersebut sudah dapat digunakan untuk membuat adaptor sederhana, sedangkan penamabahan kompenen-komponen lain seperti transistor, dan IC yang ada dibeberapa adaptor, tujuan penambahan komponen lainnya untuk memperbaiki gelombang/ frekuensi yang keluar sehingga benar-benar stabil, dan  tegangan yang keluar mendekati dengan penyearah yang sebenarnya seperti baterray atau aki (accu). Ada beberapa peralatan elektronik akan dapat bekerja dengan tegangan yang benar-benar stabil dan ada juga yang hanya menggunakan penyearah biasa (setengah gelombang / gelombang penuh) sudah bisa bekerja itu semuanya tergantung dari perlatan yang hendak disupply.pada peralatan audio dan radio umumnya membutuhkan catu daya yang benar-benar stabil jjika tidak biasanya akan terdengar ada dengungan atau pancaran radio tidak akan sempurna.
    gelombang+adaptor
    Rangkaian adaptor sederhana setengah gelombang, ini sebagai analogi untuk memahami perbedaan adaptor setengah gelombang dan gelombang penuh dan perkiraan tegangan yang keluar melalui rangkaian dioda dan kapasitor. Perhatikan gambar diatas yang diberi kolom A,B dan C.
    tegangan+adaptor
    Dari gelombang A sebelum lewat dioda, sebenarnya sama dengan gelombang input travo, jika dilihat dari gelombang tersebut tegangan yang keluar masih tegangan AC, artinya meskipun sudah lewat travo tegangan yang keluar masih ac juga hanya saja besar tegangannya yang berbeda.
    adaptor+dioda
    Perhatikan analogi gelombang yang dihasilkan setelah lewat dioda, karena dioda hanya melewatkan arus searah saja, + yang bagian bawah tidak dilewatkan jadi kira-kira seperti gambar diatas untuk bagian bawahnya dihapus.meskipun demikian terlihat seperti itu tapi sebenarnya gelombangnya masih belum baik, seakan ada getaran (gigi gergaji) pada gelombang tersebut dan naik turunnya sangat cepat, untuk mengurangi cacat pada gelombang tersebut dibutuhkanlah komponen kapasitor atau elco yang dapat memfilter dan menyimpan muatan listrik berdasarkan besar nilai kapasitansinya, jadi penurunannya tidak drastis.
    rangkaian+adaptor
    Penyearah Gelombang Penuh Adaptor yang umum digunakan adalah adaptor dengan gelombang penuh, dengan menggunakan empat buah dioda atau dengan menggunakan dioda bridge.
    adaptor+sederhana
    Perhatikan skema rangkaian adaptor dengan menggunakan empat buah dioda atau dengan menggunakan dioda bridge untuk menghasilkan gelombang penuh, dari gambar tersebut terjadi dua kali gelombang penuh dalam periodenya. Penyearah gelombang penuh dengan menggunakan travo CT (Center Tap),
    skema+penyearah
    Perkiraan gelombang yang dihasilkan dari dua rangkaian diatas, menggunakan travo 0 dengan empat buah dioda, dan travo CT
    adaptor+travo+ct
    Dari gambar diatas didapatlah gelombang hasil penyearah dari adaptor  dan menjadi simbol untuk adaptor :
    skema+adaptor+12Volt
    Dari simbol penyearah diatas sering sekali kita jumpai di peralatan elektronik seperti di radio, atau diperangkat lain, jika simbolnya garis lurus berarti suplaynya dari batree/ aki / accu, sedangkan garis putus-putus berarti penyarah yang diperoleh dari adaptor. Cara membuat adaptor dan komponen yang digunakan mungkin sudah tergambar apa saja komponen yang kita gunakan untuk membuat sebuah penyarah arus, berikut skema rangkaian penyearah yang bisa jadi refrensi buat teman-teman yang hendak membuat adaptor sendiri.
    tegangan simetris adaptor ct
    Untuk membuat adaptor ada baiknya pemilihan dioda juga diperhatikan, jika kuat arus travo yang digunakan besar dan kuat arus yang dibutuhkan juga besar, ampere dioda harus disesuaikan agar arus yang keluar dari travo tidak ditahan oleh dioda., untuk kapasitor sendiri carilah nilai kapasitor yang besar, semakin besar nilai kapasitornya maka semakin lama waktu penyimpanan yang dapat dilakukan oleh kapasitor tersebut, untuk tegangan kerja kapasitor jangan memberikan tegangan dibawah dari besar tegangan yang keluar dari rangkaian penyearah. Beberapa skema rangkaian adaptor :
    adator+simetris+ampli
    Skema diatas disebut dengan tegangan simetris, sering ditemuai pada penyearah ampli, Penguat suara.
    adaptor+stabil
    Rangkaian diatas ada penambahan ic regulator 7805 untuk keluaran sebesar 5 Volt, untuk 6 Volt ganti dengan 7806, 9V ganti dengan 7809, dua angka dibelakang 78xx merupakan besar tegangan yang keluar dari IC tersebut, sedangkan kuat arus yang keluar tidaklah besar kurang dari 1 Ampere. silahkan baca artikel fungsi travo step up dan step down sebagi tambahan pengetahuan seputar travo catu daya, adaptor atau power supply Itulah beberapa skema rangkaian adaptor semoga bisa menjadi refrensi tambahan buat teman-teman, cara membuat adaptor dan komponen yang digunakan.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Komunikasi

G+

  • Share postingan terbaru di blog sahabat di-Sini
  • Artikel Terkait

    13 comments:

    1. Maaf gan tdk ngerti liat skema, klo pengertian sy yg memang nggak tau arus listrik positif n negatif kan tdk boleh tersentuh, tp yg sy liat dgbr kok saling ketemu jaringan kabelnya, mungkin bisa diperjelas lewat foto gan? mungkin yg sederhananya adaptornya digunakan untuk menyalakan lampu 12 volt sebanyak 10-30 buah

      BalasHapus
      Balasan
      1. salam buat saudara rauf, silahkan lihat dan perbesar gambarnya setiap ada percabangan ada titik konektor / penghubung jika lewat saja maka tidak ada konektor seperti titik, rangkaian adaptor diatas menurut saya itu yang paling sederhana, dan untuk menyalakan lampu 12 Volt sebanyak 30 Buah, sobat harus tau dulu berapa besar total daya dari lampu semuanya maka diperoleh besaran kuat arus yang dibutuhkan baru disesuaikan dengan Amper travo yang digunakan.

        Hapus
    2. Selamat pagi gan,
      Saya ingin tau mengenai perhitungan besarnya nilai kapasitas elco yang dipasang setelah bridge diode. Apakah ada rumusnya?
      Mohon pencerahan. :)
      Trims

      BalasHapus
      Balasan
      1. kalau ditanyakan untuk rumus ada mas, dasar-dasar elektronika,diketahui fungsi eclo sebagai filter dan disesuaikan dengan rangkaian yang di bagun

        Hapus
    3. Bisa kah instalasinya langsung digabung dengan instalasi pln yang sudah ada?

      BalasHapus
      Balasan
      1. bisa selama tegangan instalasi plnya sama dengan besar tegangan input travo, jika input kumparan primernya 220VAC harus di supply dengan 220VAC pula,jika di langsungkan digabung dengan 3 fase 380Vac jelas tidak bisa. terimakasih

        Hapus
    4. Kalau mau yang power effisien dan tidak banyak disipasinya bisa diganti 7805 dengan IC SMR8805 switching, arusnya juga lebih besar tinggal pasang beres

      BalasHapus
    5. Misi gan ,klo buat penambah arus kaya raket nyamuk gtu, gimana ya?
      Mohon bimbinganya.

      BalasHapus
    6. permisi gan..mao tanya !!
      saya punya adapter laptop, power masuk tp dia gak mao ngisi batre tuh gan, kira" yah gan ??
      saya cobq pake adapter lain, normal" aja tuh !!
      mohon pencerahannya !!

      BalasHapus
      Balasan
      1. coba cek adaptor awal, tegangannya baik dak yang keluar, kalau outputnya keluar normal, coba bang rianto sumbodo cek capasitor.

        Hapus
    7. Mohon maaf saya ikut posting disini, Bapak-bapak kami Perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan Travo Transformer, membutuhkan Supervisor/Foreman, pengalaman di Perusahaan Travo Min 1 tahun, bersedia di training ke China,pend. min D3 tehnik Electric/Mesin, umur maks 30 th, yang berminat silahkan kirimkan email ke ewinks66@gmail.com

      BalasHapus
    8. Mohon maaf, Bapak2, rekan2, mau ikut Job Posting, Kami perusahaan PMA Indonesia dan China, yang bergerak di bidang Pembuatan Travo Transformer kapasitas 70 KV - 500 KV, Membutuhkan Supervisor/Foreman, Usia Maks 30 Th, Pend. Min D3 Teknik Listrik/Mesin, Pengalam dibidang yang sama Min 1 tahun, yang berminat silahkan email ke ewinks66@gmail.com

      BalasHapus
    9. oke pak,akan kami coba trim infonya.banyak penggetahuan baru yang kami dapatkan.

      BalasHapus

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Seputar Postingan Diatas.

    Mohon untuk tidak meninggalkan link aktiv/spam!, Terimakasih untuk komentar dan diskusinya.Untuk promo/iklan tidak akan diterbitkan gunakan dan lihat halaman pasang iklan.terimakasih