Jumat, 25 Mei 2012

Mic Compressor Sederhana

Membuat Pre Mic Compressor sederhana bisa tambah bass dan treble, dengan menggunakan komponen-komponen elektronika yang banyak beredar dipasaran, postingan sebelumnya disitus ini pernah posting rangkaian preamp mic sederhana yang hanya menggunakan satu buah transistor, sedangkan Mic Compressor Sederhana kali ini menggunakan dua kali penguatan dan dua buah transistor NPN C1815 transistor ini sangat mudah untuk diperoleh hampir semua toko elektronika menjual transistor jenis ini.

Rangkaian Mic Compressor Sederhana ini ditambah dengan tone control yang fungsinya untuk memperbaiki kualitas suara, bisa sedikit mengatur suara tinggi (treble) dan suara rendah (bass), tapi tidak begitu sempurna jika dibandingkan dengan produk HI FI, seperti pada Equalizer. Mesikipun demikian rangkain ini sudah cukup baik dipergunakan untuk menambah penguat Mic radio teman-teman, yang pengen ujicoba membuat penguat dari transistor Software Transistor Amp untuk Amplifier.

rangkaian+mic+compressor+radio
Klik Gambar untuk memperbesar / melihat Jelas Skema

Dari Skema rangkaian mic compressor diatas hanya menggunakan beberapa komponen elektronika, berikut daftar komponennya :

  1.  5K6  = 2 x
  2.  4K7  = 2 x
  3. 150K = 2 x
  4. 6K2   = 1 x
  5. 680    = 1 x
  6. 1K     = 1 x
  7. 2K2   = 1 x
  8. C Ceramic = 4n7 = 4 x, 33N = 2 x, 220N = 1x,
  9. C Elco = 10uf = 2 x, 1uf = 1x, 220uf = 1x
  10. Transistor C1815 = 2x
Untuk merubah suara tinggi silahkan teman-teman atur sendiri besar nilai C 4n7 dibagian potensio High dari gambar diatas, sedangkan untuk suara rendah (bass) atur nilai seri capasitor Ceramic 33N, atau bisa juga dengan cara paralel c 33N dengan kaki potensio 50K Low dari keterangan gambar diatas.

Untuk catu daya sebaiknya gunakan lebih dari 9 volt, sedangkan jika menggunakan mic dynamic tahanan 5k6 dan capasitor ceramic 4n7 yang terhubung persisi di kaki mic condensor dari gambar diatas silahkan dilepas saja,

Semoga Rangkaian Mic Compressor sederhana ini bisa menjadi tambahan buat refrensi teman-teman sebagai acessoris radio RIG/HTnya. ragkaian ini sering saya gunakan, jika ada pertanyaan atau kendala atau hal-hal lain yang biasa tinggalkan komentar tema-teman.

Refrensi Preamp Transistor, klik link tadi tunggu beberapa saat hingga muncul disudut kanan atas ada tombol skip klik tombol tersebut, umumnya microphone yang banyak digunakan pada radio adalah mic condensor karena kepekaan mic tersebutlah cukup diakui, ada juga yang menggunakan mic dynamic, silahkan baca perbedaan mic condensor dan mic dynamic, untuk menambah informasi seputar mic demi mendapatkan kualitas suara yang sesuai dengan keinginan.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Komunikasi

G+

  • Share postingan terbaru di blog sahabat di-Sini
  • Artikel Terkait

    0 comments:

    Poskan Komentar

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Seputar Postingan Diatas.

    Mohon untuk tidak meninggalkan link aktiv/spam!, Terimakasih untuk komentar dan diskusinya.Untuk promo/iklan tidak akan diterbitkan gunakan dan lihat halaman pasang iklan.terimakasih