Jumat, 01 Juni 2012

COR Repeater IC2N dan Kenwood TM 271

pancar ulang ht ic2n
Membuat Repeater dengan IC2N sebagai Input dan Kenwood TM 271a sebagai Outputnya, sebenarnya di blog ini sudah ada beberapa skema yang berhubungan dengan radio HT IC 2N, berhubung ada salah satu rekan bertanya "boleh saya minta buatin cor untuk IC2n sebagai input dan kenwood 271a sebagai output nya?" oleh saudara id anugrah_97 dipostingan mencari-jalur-cos-radio-untuk-repeater.coba posting skemanya semoga bisa membantu juga buat teman-teman lainnya yang lagi ujicoba / eksperimen membuat pancar ulang sendiri.

COR Repeater IC2N sebagai Input dan TM271 sebagai Outputnya, sebelum kerangkaian cornya sedikit review bagian cos dan ptt, mic in dari kedua perangkat yang nantinya akan digunakan.

cos ic2n

Gambar diatas merupakan rangkaian dari radio ht IC-2N, perhatikan bagian IC suara dari radio tersebut dan lihat gambar diatas, pada salah satu kaki IC ada bagian "Audio Mute", untuk mempermudah sambungkan kabel dan keluarkan kabel tersebut, dan tutup kembali radio agar tetap rapi.

Jalur Audio Mute itulah yang nantinya digunakan sebagai COS nya, sinyal input rangkain cor yang akan dibuat. Saran saat membuka radio HT IC2N nya sebaiknya berhati-hati agar kabel-kabel yang ada didalam tidak terputus saat membukanya, solusi agar bisa lebih rapi lagi bisa dengan cara mengganti jack speaker out dari mono ke stereo, dan kabel jalur audio mute (cos) tadi tidak perlu dikeluarkan tinggal sambungkan pada konektor tersebut.
Ptt TM271

Gambar diatas merupakan konektor/ Jack Extramic dari radio Kenwood TM271a, berhubung radio kenwoodnya yang dijadikan output atau sebagai radio TXnya, kita tidak perlu melakukan pembongkaran pada radio tersebut, cukup menyediakan kabel plus konektor rj45, jalur yang akan digunakan nantinya adalah. : (pin).

Pin 2 : Optional Untuk Tegangan Cor
Pin 3 : Gnd PTT
Pin 4 : PTT dari rangkaian Cor yang akan dibuat
Pin 5 : GND MIC
Pin 6 : MIC

Rangkaian COR Sederhana Input IC 2N output Kenwood TM 271a, tanpa delay dan buffer audio.
cor Simple

bagian sebelah kiri dari gambar dihubungkan ke radio input (IC2N) sedangkan bagian kanan dihubungkan keradio Outputnya / TX radio kenwood TM271a, dari atas pin 4, pin 3, pin 6, dan pin 5, untuk mengatur suara bisa dilakukan dari volume radio ic 2nnya. atau bisa juga diganti dengan rangkaian dibawah ini untuk bagian micnya.

opamp mic


Semoga rangkaian COR yang sederhana diatas bisa sedikit membantu teman-teman semua, minimal sebagai refrensi tambahan pengetahuan.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Komunikasi

G+

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Seputar Postingan Diatas.

Caranya, Pilih sesuai dengan account yang anda miliki, untuk yang tidak ada silahkan gunakan Name/URL:

Name : isi dengan Nama/Alias/10-28/Callsign.
URL   : isi dengan Url Website/Blog/Gplus/Facebook/Twitter/dll

Mohon untuk tidak meninggalkan link aktiv/spam!, Terimakasih untuk komentar dan diskusinya.Untuk promo/iklan tidak akan diterbitkan gunakan dan lihat halaman pasang iklan.terimakasih