Jumat, 08 Juni 2012

Manfaatkan power komputer buat adaptor serbaguna

Ditulis Oleh : Jefri di Duniakomunikasi Updated at: 8:16 AM
Toko Online vicheshop Baju sepatu grosir bandung murah
psu adaptor
Memanfaatkan Power Komputer untuk adaptor serbaguna, kebutuhan akan konsumsi power arus searah sebagai supply catu daya pada peralatan elektronik memang suatu keharusan, untuk adaptor serbaguna sendiri sudah sangat banyak dijual dengan berbagai harga dari yang murah hingga yang paling mahal, itu semua tergantung dari kualitas adaptor tersebut, baik dari tegangan (volt), kuat arus (amper), dan stabilitas tegangan yang dihasilkan adaptor tersebut.

Buat atau bikin adaptor serbaguna sendiri juga tidak terlalu sulit pada postingan sebelumnya sudah pernah membahas tentang cara membuat adaptor dan komponen-komponen yang digunakan, hingga memodifikasi power switching komputer untuk power supply radio. itu semua untuk keperluan catu daya dengan amper yang besar tegangan yang dibutuhkan lebih dari 10 Volt DC. Dikatakan serbaguna mungkin dikarenakan variasi tegangan keluar misalnya 3 V, 4,5V ,5V, 9V dan 12V ada yang dilengkapi switch selector untuk pemilihan tegangan outputnya, ada yang tanpa switch selektor hanya dengan terminal konektor yang diberi tanda untuk setiap tegangannya.

Memanfaatkan power komputer untuk adaptor serbaguna mungkin bisa menjadi tawaran yang menarik disamping biaya power supply komputer yang relativ murah dengan daya yang dihasilkan juga tidak kalah jika dibandingkan dengan menggunakan power adaptor yang menggunakan travo linier. Power komputer itu sendiri sangat mudah untuk ditemui, dan tidak sedikit teknisi-teknisi komputer enggan untuk melakukan perbaikan pada power supply komputer dikarenakan biaya barunya murah bahkan ada yang harganya kurang dari 100rb, apalagi jikalau kita membeli bekas, bisa dengan harga 5rb kita sudah dapat satu buah power handal.

memanfaatkan power komputer dan memodifikasinya dan menjadikannya sebagai adaptor serbaguna power supply switching komputer

Mencoba menulis ulang artikel yang sama masih seputar adaptor dan menggunakan power supply komputer, dikarenakan beberapa hari yang lalu ada beberapa teman mahasiswa yang lagi hendak membuat sendiri adaptor untuk keperluan perangkat elektroniknya dan kenapa saya masih menggunakan power komputer dikarenakn hal diatas sudah tentu pertimbangan dari segi biaya yang dikeluarkan tidak besar hanya sedikit memodifikasinya sudah dapat digunakan, arus yang dihasilkan sangat cukup untuk mensuply perangkat elektronik.

adaptor serbaguna


Dari gambar diatas tambahkan terminal DC setiap terminal hubungkan dengan kabel power supply tersebut, antara lain :

GND        : Warna Kabel Hitam
3V           : Warna Kabel Orange
5V           : Warna Kabel Merah
GND        : Warna Kabel Hitam
-12/0.5A  : Warna Kebel Biru
+12/22A  : Warna Kabel Kuning
+5V/2A   : Warna Kabel Abu-abu

untuk On/Of nya hubungkan kabel warna hijau dengan kabel warna hitam, atau bisa tambahkan tombol on/of.

Modifikasi tambahan, agar PSU switchingnya dapat bekerja normal, tambahkan tahanan 100 ohm, pada tegangan 12 Voltnya, semoga artikel ini dengan judul manfaatkan power komputer buat adaptor serbaguna, dapat bermanfaat buat teman-teman.

19 komentar:

  1. q pingin nyalain pendingin prosesor (cpu cooler) buat pendingin modem, maunya powernya ambil dr pc

    sedangkan slot power nya cpu cooler yg di sediain d PC itu cm 1 dan nancep di motherboard gag dr power suply lngsung,

    q g sbrpa ngerti elektro mohon bantuannya ya, , , ,

    BalasHapus
  2. Buat saudara blubuktublu, perhatikan dulu berapa daya (ampere) yang dibutuhkan oleh cpu colernya, jika kurang dari 1 amper bisa ambil dari motherboard, ada solusi lain bisa dengan menambah satu power suply lagi di komputernya power yang pertama gunakan untuk supply moteherboardnya dan yang satunya untuk hdd, dvdrom dan perangkat asesoris lainya. biar komputernya lebih maksnyoss.

    BalasHapus
  3. maaf sebelumnya, agar cassing psu tidak nyetrum gmn ya mas??? komponen apa yang diganti??? makasih sebelumnya. . . .

    BalasHapus
  4. Respone Mas Anonim, Cassing nyetrum ? sebaiknya di ukur terlebih dahulu, berapa besar tegangannya setrumnya kalau besar ada komponen yang rusak, sperti c yang dari acnya, kalau hanya feedback bias dengan cara memberikan ground tambahan ke cassing komputernya biar gak nyeterum

    BalasHapus
  5. tegangan feedback sih, biar nggak usah pake ground bisa nggak ya???
    makasih sebelumnya. . .

    BalasHapus
  6. Trik sederhananya:
    1. Gunakan Sandal Saat Bersentuhan
    2. Coba Balik Colokan Listriknya.
    3. Tambahkan Ground ke Case

    Teknik,
    Coba periksa komponen-komponennya, terutama yang dari jalur AC Inputnya, biasnya C yang dihubungkan ke ground casenya.

    BalasHapus
  7. Mantap gan, mamfaat sekaleeeeeee... Thank

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih gan testimoninya, thank juga

      Hapus
  8. Mas.q punya psu merek simbbada 500watt. Pas q liat ada dioda zener yg jeb0l d arus AC. Trus q lepas q ganti. Q ambilkan dz dri power amfli 400watt. Tpi k0k psu ttp gk bsa nyala. Knapa y? Mh0n bantuannya.

    Bls d fb aja pak.
    rian.ian2427@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek fetnya kalau dioda sampai ada yg jebol berarti ada komponen yg short, coba periksa dan ganti terlebih dahulu semua komponen yg bermasalah baru colok ke jala-jala listrik, agar komponen yg tadinya sudah diganti tidak jebol lagi.

      Hapus
    2. Mksdnya gnti smua tu gimana pak? Langkah pertama gimana?Kalau ganti tr kira2 bisa ngak ya? 3 tr yg d arus AC. tpi mahal ngak tr itu?

      Hapus
    3. maksudnya ganti semua itu, kerusakan yg menyebabkan jebolnya dioda zener tadi karena dioda itu jebol kalau ada komponen lain yg jebol, maka coba periksa satu persatu kemudian ganti jika komponen itu mencurigakan, harga trnya tidak terlalu mahal, ya termasuk diantara 3 tr itu mungkin saja ada yg rusak

      Hapus
  9. bsa gk mas psu bekas cpu bwt amfli

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gan, tapi lihat kebutuhan tegangannya

      Hapus
    2. ok. trima kasih... klo sy liat tegangan yg di perlukan cuman 12v

      Hapus
    3. yup kalau dibutuhkan tegangan 12v bisa dipergunakan, perhatikan juga kuat arus yang dibutuhkan amplinya untuk menghasilkan daya maximalnya, tambahkan filter jika ada dengungan saat menggunakan psu komputer sebagai catudayanya

      Hapus
  10. Mas, cara mengukur kuat arus/ampere dari power suply pada tegangan yg 12 v bgmana?
    Multitester saya cuma bisa maks 0,25 A aja.
    Makasih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dengan cara membuat r load / modifikasi multitester, tapi kalau buat power supply komputer beli aja amper meter sesuai dengan amper psnya

      Hapus
  11. klo multitester terbatas fungsinya, beli yg baru aja mas......

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Seputar Postingan Diatas.

Caranya, Pilih sesuai dengan account yang anda miliki, untuk yang tidak ada silahkan gunakan Name/URL:

Name : isi dengan Nama/Alias/10-28/Callsign.
URL   : isi dengan Url Website/Blog/Gplus/Facebook/Twitter/dll

Mohon untuk tidak meninggalkan link aktiv/spam!, Terimakasih untuk komentar dan diskusinya.Untuk promo/iklan tidak akan diterbitkan gunakan dan lihat halaman pasang iklan.terimakasih