Selasa, 31 Juli 2012

Fungsi Transformator Step Up Step Down

transformator
Fungsi Transformator Step Up Step Down, Transformator atau biasa disebut dengan travo pasti sering kita jumpai dan hampir semua peralatan listrik elektronik seperti komputer, power supply, radio, adaptor, dan masih banyak perlatan elektronik lainnya.

Sebelum mebahas apa fungsi dari travo step up dan step down sekilas kita ketahui dulu bentuk dan gambar travo tersebut dan apa saja yang terdapat didalam travo sehingga banyak digunakan di berbagai peralatan elektronik.

travo 1 amper
Travo diatas umumnya dipergunakan pada adaptor, untuk menurunkan tegangan 220/110V menjadi 3.4,5,6,9 dan 12 yang biasanya ada di radio, dan berbagai peralatan elektronik lainnya.

travo Step Up Step Down
Gambar diatas adalah bentuk dari travo step up atau step down yang biasa dan banyak dijual dipasaran.
transformer
Gambar diatas merupakan gambar transformator yang biasa terdapat pada gardu-gardu listrik PLN ini juga berfungsi sebagai penurun tegangan, listrik dari KVolt menjadi 380V/220V/110V  sehingga bisa disupply kerumah-rumah.

Dan masih banyak lagi bentuk lainnya, pada dasarnya didalam travo atau transformator tersebut terdapat kumparan, dimana kumparan-kumparan tersebut ada kumparan primer dan kumparan skunder.

kumparan primer dan skunder
Perhatikan gambar diatas terlihat ada dua jenis travo dimana pada masing-masing kumparan jumlah lilitannya tidak sama, gambar bagian atas kumparan primer lebih sedikit dibandingkan dengan kumparan skunder artinya travo tersebut berfungsi sebagai penaik tegangan atau disebut dengan travo step up, sedangkan gambar kedua jumlah lilitan kumparan primernya lebih banyak dibandingkan dengan kumparan scundarynya artinya travo tersebut berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik.

Prinsip kerja travo
Setelah kita ketahui bahwa didalam travo atau transformator tersebut terdapat kumparan-kumparan, yang dililtkan pada satu batang atau inti, dimana inti dari travo tersebut terbuat dari besi agar bisa menghasilkan induksi medan magnet, dan akhirnya menyebabkan terjadinya GGL induksi. GGL (Gaya Gerak Listrik) dan perpotoingan ggl inilah yang diperlukan untuk dapat menghasilkan arus listrik oleh karena itu kumparan primer travo harus diberikan arus listrik AC arus bolak-balik, jika diberikan arus dc maka kumparan primer tidak menghasilkan GGL/ menjadi magnet diam. Pada penerapannya Induksi dari kumparan dan GGL tadi dibuatlah :
  1. Generator
  2. Dinamo
  3. Transformator
Dari ketiga hasil penerapan diatas berfungsi sebagai
  1. Generator
    Mengubah gaya gerak putar menjadi arus listrik gerak putar akan memutar kumparan yang terdapat didalam medan magnet tetap, contohnya genset.
  2. Dinamo
    Dinamo akan menghasilkan gerak putar, saat kumparan yang terdapat didalam medan magnet tetap, mendapat arus searah atau arus bolak balik maka didalam terjadilah perbedaan kutup yang menyebabkan rotor bergerak.
  3. Transformator
    Transformator berfungsi untuk merubah besar tegangan sumber agar bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan, transformator bisa menaikkan tegangan listrik dan bisa menuurunkan tegangan listrik pada implementasinya transformator digunakan sebagai :
    • Power Supply (catu daya)
    • Adaptor
    • Transmisi Listri jarak jauh
Jadi dapat kita simpulkan fungsi transformator step up step down, kumparan primer pada travo adalah kumparan yang dialiri arus listrik, yang berfungsi menginduksi kumparan skunder sehingga kumparan skunder mendapatkan perpotongan gaya gerak listrik sehingga kumparan menghasilkan arus listrik, jika kumparan primer lebih banyak dari kumparan skunder maka travo tersebut adalah travo step down, dan sebaliknya jika kumparan primer lebih sedikit dari kumparan sekunder maka travo tersebut adalah travo Step UP.

Semoga artikel fungsi transformator atau travo step up dan step down yang singkat ini bisa sedikit memberikan tambahan refrensi buat teman-teman dalam pemahaman seputar travo, adaptor dan catu daya, dan bagi rekan-rekan yang hendak mencoba membuat adaptor sendiri bisa lihat cara membuat adaptor dan komponen apa saja yang digunakan.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Komunikasi

G+

  • Share postingan terbaru di blog sahabat di-Sini
  • Artikel Terkait

    0 comments:

    Poskan Komentar

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Seputar Postingan Diatas.

    Mohon untuk tidak meninggalkan link aktiv/spam!, Terimakasih untuk komentar dan diskusinya.Untuk promo/iklan tidak akan diterbitkan gunakan dan lihat halaman pasang iklan.terimakasih