Sabtu, 02 Februari 2013

Bikin Antena TV Darurat dari Barang Bekas

Sudah lama tidak posting mencoba tulis ulang seputar antena, tapi kali ini bukan antena radio seperti artikel-artikel lainnya yang ada pada situs duniakomunikasi selalu berhubungan dengan alat komunikasi seperti radio komunikasi HT, RIG, Repeater dan alat komunikasi Handphone dan Modem, melainkan sedikit share membuat Antena TV Indor darurat dari barang bekas.

antena-tv-bekas
Mungkin sobat setia / pengunjung blog ini agak kaget dengan judul topik kali ini agak ngaco, maklum gak tau harus buat judul apa Bikin Antena TV Darurat dari Barang Bekas, awalnya saat saya berada disuatu tempat hendak menyaksikan acara favorit saya, kebetulan saya pernah beli TV Tuner USB External yang biasanya saya colok dilaptop, nah kendalanya antena tidak ada, pengen beli antena gak ada yang murah akhirnya saya coba buat / bikin sendiri antena abal-abal alias darurat yang dibuat dari barang bekas.

Setelah buat sendiri antena tv indor dari barang bekas dan saya coba hasilnya cukup memuaskan, yah mesikipun tidak sebening kualitas DVD paling tidak gambarnya bersih tidak ada semutnya, berikut beberapa penampakan gambar beberapa siaran tv lokal seperti, TV ONE, RCTI,SCTV,MNC,Global TV,ANTV Transtv, Trans7, yang berada pada jalur frekuensi UHF dan VHF.

antenatvone
Gambar TVONE
antenaantv
Gambar ANTV
antenaglobaltv
Gambar Global TV
siaranindosiartv
Gambar INDOSIAR
antenatvindor
Gambar RCTI
antenasctv
Gambar SCTV
acaratrans7
Gambar Trans7
acaratranstv
Gambar Transtv
antenatvrioutdor
Gambar TVRI

Itulah beberapa gambar penampakan dari beberapa siaran tv lokal UHF dan VHF saat menggunakan antena dari barang bekas, menggunakan tv tuner external, biasanya penerimaan tv tuner tidak sepeka TV yang biasa kita gunakan, jadi logikanya dengan menggunakan tv tuner saja gambarnya lumayan jernih apalagi kalau digunakan pada pesawat televisi.

Penasaran dengan antena tv indor darurat yang dimaksud silahkan lihat gambarnya dibawah ini :

buatantenatvindor

 Gambar Antena TV Indor dari Barang Bekas

Jika kita perhatikan dari gambar diatas maka terlihat antena tv yang sangat sederhana sekali, fungsinya untuk menerima sinyal, antena tv diatas digunakan didalam rumah atau bisa juga disebut dengan antena tv indor, apa saja alat dan bahannya?

Alat dan Bahan-bahannya, wah kayak menu masakan aja yak wkwkwk

1. Alumunium Bekas dari Plat Motor
2. Pipa Bekas
3. Kawat Jemuran
4. Kaleng Bekas
5. Kabel Coaxial 75 Ohm
6. Konektor RF untuk ke jack antena TV
7. Gergaji Besi
8. Baut Scrup
9. Palu
10. Obeng

Cara membuat Setelah bahan-bahan yang diperlukan ada, potong pipa sesuai keinginan anda, dan potong pipa kira 8cm untuk kedudukan plat sekaligus untuk menyambungkan kabel coaxialnya, setelah pipa 8cm tadi selesai dipotong pasang plat satu dan satunyalagi dan beri jarak antara kedua itu kira-kira 1.5cm, dan bagian tengah pipa itu berikan baut skrup atau lem ke pipa penyangga,

Dari Gambar cara Buat Antena TV Indor Sendiri terlihat, yang berfungsi sebagai antenanya adalah plat alumunium yang awalnya dari plat motor, sebelum menempatkanya potonglah plat motor tersebut dengan ukuran yang sama panjangnya kira 12 cm, ada baiknya ketok terlebih dahulu plat motor tesebut biar angka-angkaya rata, "kalau kelihatan bisa kena tilang lho .. .. .. . . . . . .", yup gunakan bekas plat yang gak dipake ya sob..

antenatvalumunium
Gambar Perkiraan Ukuran

Potong kawat jemuran 4a sepanjang 27 cm, Kawat 4b sepanjang 17 cm, dan 4C sepanjang 11 cm, pasang seperti gambar tempatkan dipipa penyanggahnya, jarak antara kawat 4a dengan tengah bagian plat tadi kira-kira 3 cm dan begitu juga jarak kawat 4b kira-kira 3 cm, sedangkan jarak antara kawat 4b dengan 4c kira-kira 4 cm.
untuk kabel coaxialnya jangan terlalu panjang secukupnya saja sebaiknya kurang dari 1 Meter, kalau kepanjangan fungsi antena berkurang karena sinyal yang diperoleh tidak begitu kuat dan tidak ada penambahan penguat seperti boster memungkinkan sinyalnya akan habis dikabel,

ini ada beberapa hasil dari antena tv indor yang terbuat dari barang bekas, ya lumayan baguslah hasilnya saat digunakan pada tv cukup bersih berikut beberapa hasil yang saya abadikan saat saya coba dengan laptop memang gambar tidak sebersih di tv tapi yang cukup ok,

Selamat mencoba membuat antena tv indor darurat sederhana dengan menggunakan barang bekas, barangkali bisa menghemat pengeluaran.

Sumber : http://www.bang-jefri.com/2012/05/buat-antena-tv-indor-sendiri.html

4 comments:

  1. fungsi antena itu utk apa?
    terus cara pembuatan antena diperjelas!!!
    tolong pencerahannya!!!

    BalasHapus
  2. untuk fungsi antena sudah ada tulisan terpisah silahkan saja baca fungsi antena

    BalasHapus
  3. terimakasih bang atas semuanya............saya sangat terbantu................

    BalasHapus
  4. maksih gan, atas infortt nya

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Seputar Postingan Diatas.

Caranya, Pilih sesuai dengan account yang anda miliki, untuk yang tidak ada silahkan gunakan Name/URL:

Name : isi dengan Nama/Alias/10-28/Callsign.
URL   : isi dengan Url Website/Blog/Gplus/Facebook/Twitter/dll

Mohon untuk tidak meninggalkan link aktiv/spam!, Terimakasih untuk komentar dan diskusinya.Untuk promo/iklan tidak akan diterbitkan gunakan dan lihat halaman pasang iklan.terimakasih