10 Elemen Komunikasi, Apa Saja?

Pengertian ilmu komunikasi dan komunikasi secara sederhana telah di jelaskan di blog ini pada postingan sebelumnya. Setelah memahami keduanya, maka hal lainnya dalam dunia komunikasi yang perlu diketahui adalah elemen atau unsur-unsur komunikasi.

Apa saja elemen komunikasi tersebut? Dalam buku yang ditulis oleh Panuju (2018:39), kurang lebih ada 10 elemen komunikasi yaitu diantaranya komunikator, pesan (message), saluran (source), komunikan (penerima), hambatan, umpan balik (feedback), efek, situasi, selektivitas, dan lingkungan.

Mari kita lihat uraian dari 10 elemen komunikasi tersebut.
10 Elemen Komunikasi, Apa Saja?

10 Elemen Komunikasi

1# Komunikator adalah pengirim atau penyampai pesan. Dalam KBBI Daring juga memiliki pengertian yang kurang lebih sama, yakni orang atau kelompok orang yang menyampaikan pesan kepada komunikan. Namun, pengertian kedua dalam KBBI Daring juga menjelaskan bahwa komunikator adalah telepon seluler yang dilengkapi dengan berbagai fitur (seperti penyimpan dokumen, data, musik). Mana kira-kira yang tepat? Tentu saja pada pengertian yang pertama. Pengertian yang kedua lebih tepat merujuk pada elemen komunikasi saluran.

2# Pesan (message) adalah isi/konten yang akan disampaikan. Dikatakan bahwa pesan bisa berupa ide, abstrak realitas atau bahkan hal lain yang bersifat ekspetasi (harapan) yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan.

3# Saluran (source) merupakan media yang dimanfaatkan oleh si komunikator ketika menyampaikan pesan.

4# Komunikan merupakan penerima pesan, baik secara personal, kelompok, massa, ataupun anggota organisasi.

5# Hambatan adalah gangguan ketika berkomunikasi. Gangguan bisa berasal dari komunkator, komunikan atau isi pesannya sendiri yang akan disampaikan tersebut.

6# Umpan balik (feedback) adalah respon atau tanggapan balik dari penerima pesan. Respon bisa bersifat positif, negatif atau bahkan netral, tak bergeming. 

7# Efek disini merupakan akibat yang timbul dari komunikasi, baik berupa emosi, pikiran ataupun perilaku.

8# Situasi merupakan keadaan yang ada atau terjadi pada saat berlangsung komunikasi. Situasi ini bisa berupa suhu, cuaca, tata ruang, sikap peserta komunikasi, dan tujuan-tujuan berkomunikasi. 

9#Selektivitas merupakan filter yang digunakan perserta komunikasi untuk menyaring pesan. Baik berupa nilai-nilai budaya, mitos, prasangka dan lainya.

10# Lingkungan merupakan pihak lain yang ikut campur atau intervensi dalam komunikasi.

Contoh Kasus Eelemen Komunikasi

Agar lebih mudah dipahami berikut contoh kasus sederhananya:

Dalam sebuah perkuliahan ada seorang komunikator misalnya katakanlah dosen. Kemudian ada komunikan katakanlah kumpulan mahasiswanya. Pesan/isi yang disampaikan misalnya mata kuliahnya. Saluran yang digunakan misalnya memanfaatkan laptop dan slide-slide presentasi. 

Nah, di dalam acara perkuliahan tersebut ada hambatan misalnya suara dari luar yang berisik, bisa juga gangguan misal  dari komunikator yang suaranya terlalu kecil atau juga dari komunikan yang tidak bisa mendengar atau pesan itu sendiri yang tidak jelas font-nya, dan lain sebagainya.

Umpan balik sendiri adalah respon dari para mahasiswanya. Bisa paham atau bahkan tidak paham. Bisa juga abai alias acuh tak acuh. Sedangkan efek adalah akibat yang ditimbulkan dari selama proses komunikasi itu berjalan. Misalnya pikiran mahasiswa tersebut yang tergugah, sadar setelah mendengarkan paparan dari sang dosen tersebut. 

Bagaimana dengan situasi? Yaitu keadaan yang terjadi pada saat itu. Mulai dari ruangan, sikap mahasiswa, dan kondisi-kondisi lainya. Sementara selektivitas adalah perilaku kehati-hatian ketika berkomunkasi. Misalnya komunikan yang kritis

Lingkungan sendiri adalah di ruang perkuliahan alias kampus dari dosen dan para mahasiwa itu belajar.  

Referensi
  • Panuju, Redi. 2018. Pengantar Studi (Ilmu) Komunikasi: Komunikasi sebagai Kegiatan, Komuniaski sebgai Ilmu. Jakarta:Kencana.
  • https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/komunikator

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Ilmu Komunikasi dan Spesialisasinya

Empat Fungsi Komunikasi Menurut William I. Gorden dan Contohnya