Pengertian Komunikasi Secara Sederhana

Komunikasi mempunyai banyak pengertian atau definisi tersendiri. Bisa dibilang hingga sekarang belum ada definisi komunikasi yang final karena perdebatan mengenai definisi komunikasi sendiri itu terjadi sejak awal 1990.

Para pakar/ahli komunikasi sendiri memiliki pandangan beragam terkait pengertian komunikasi. Sehingga untuk memudahkannya paling tidak harus melihat konseptualisasinya yang bisa dilihat dari tiga kerangka menurut John R. Wenberg, William W. Wilmot, Kenneth K Sereno, dan Edward M. Bodaken (Mulyana, 2005).

Apa saja tiga kerangka itu? Yaitu komunikasi sebagai tindakan satu-arah, komunkasi sebagai interaksi dan komunikasi sebagai transaksi.

Pengertian Komunikasi Secara Sederhana

Secara sederhana, pengertian komunikasi jika dilihat dari kata dalam bahasa Inggris yaitu communication. Kata tersebut berasal dari kata latin yaitu communis. Artinya samaKomunikasi menyarankan bahwa suatu pikiran, suatu makna, atau suatu pesan yang dianut sama (Mulyana, 2005).

Jika merujuk pada pengertian sederhana tersebut, mungkin makna itu akan terlalu sempit. Ketika komunikator menyampaikan pesan kepada komunikan, maka si komunikator mengharapakan pesan itu bisa diterima oleh komunikan dengan umpan balik yang sama. Pendek kata, sepemikiran. Padahal, belum tentu juga si penerima pesan sepemahaman dengan si penyampai pesan.

Pengertian komunikasi secara luas tentu akan lebih berbeda lagi. Definisi komunikasi yang lebih kontemporer terasa lebih terbuka. Komunikasi itu berbagi pikiran, mendiskusikan makna (Mulyana, 2005).

Pengertian Komunikasi Menurut KBBI Daring 

Ok, secara sederhana bagaimana pengertian komunikasi menurut KBBI Daring? Berikut uraianya:
  1. pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami; hubungan; kontak
  2. perhubungan
Ada dua pengertian komunikasi menurut KBBI Daring. Tapi, kedua-duanya kurang lebih memiliki pengertian yang sama. Khusus pengertian yang pertama, justru lebih spesifik komunikasi hanya merujuk pada manusia. Bagaimana dengan hewan? Lalu, bagaimana dengan Tuhan?

Pengertian komunikasi secara sederhana menurut KBBI Daring tersebut, tentu masih bersifat sempit. Oleh karena itu, bisa dibilang pengertian komunikasi secara luas memang harus dilihat dari koseptualisasinya berdasarkan kerangkanya seperti yang telah disinggung diawal tulisan ini.

Ok, agar lebih mantap lagi, tulisan selanjutnya di blog ini akan coba ulas mengenai pengertian komunikasi berdasarkan konsepnya.

Referensi
  • Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. 
  • https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/komunikasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Ilmu Komunikasi dan Spesialisasinya

Empat Fungsi Komunikasi Menurut William I. Gorden dan Contohnya

10 Elemen Komunikasi, Apa Saja?